Buat Anak Kos, Ini Dia Persediaan Makanan Yang Harus Ada Selama Bulan Ramadhan

1309 views
belanja ramadhan

Dailymoslem – Saat semua orang berkumpul bersama sanak saudara untuk melakasanakan sahur pertama. Ada sosok pantang menyerah yang rela tinggalkan kehangatan keluarga untuk satu tujuan ‘cepat lulus kuliah’ atau ‘cepat kumpulin modal menikah’. Nasib anak kos katanya.

Ramadhan, bagi anak kos bisa dibilang penghematan. Bukan karena uang jajan hanya dipakai untuk dua kali makan namun banyak sekali berkah yang kada didapatkan. Yes, makan gratis! Meskipun begitu, makan gratis bak harta karun tersebut tak bisa dijumpai setiap hari. Banyaknya kita harus berjuang untuk menyiapkan makanan buka puasa apalagi sahur.

Jika buka puasa, makanan tergelar dimana-mana. Setiap sejengkal barang kali banyak sekali lapak-lapak dadakan yang berjualan takjil dan aneka makanan lainnya. Namun, untuk sahur meskipun ada, tak jarang para pejuang kos merasa malas keluar untuk membeli seonggok makanan untuk mengganjal perut selama 18 jam kemudian.

Apalagi pejuang kos yang bergender perempuan, ada rasa takut untuk keluar malam-malam. Kecuali keluar dengan teman kos lainnya, jika tidak ya terpaksa harus menyimpan persediaan makanan praktis khas anak kosan seperti ini.

Makanan sejuta umat ‘Mie Instan’

Siapa sih yang tidak tahu makanan terenak yang disukai sejuta umat yang satu ini. Selain mudah dibuat, mie instan memiliki banyak varian. Dari mulai ayam bawang, ayam penyet, soto, sate, kare dan masih banyak lagi.

Cuma butuh waktu sekitar 5 menit untuk menyajikan makanan satu ini. Tambahkan telur agar asupan protein kita terpenuhi. Sayuran dan bakso juga cocok ditambahkan untuk memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sarden

Makanan yang satu ini juga sangat praktis disajikan untuk makanan sahur ala anak-anak kos. Tinggal panaskan dalam wajan, kemudian sarden gurih bisa langsung disajikan. Namun, baut kamu yang memiliki ‘niat lebih untuk memasak, bisa ko ditambah dengan bumbu-bumbu lain agar rasanya makin sedap. Seperti bawang merah, tomat, bawang daun dan merica.

Telur Ayam

Jika kosan mu memiliki dapur, maka telur adalah bahan makanan yang harus setidaknya ada di dalam persediaan. Telur ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam makanan. Yang paling mudah dan cepat sih jadi telur ceplok dan dadar. Kamu juga bisa membuat martabak mie dengan menambahkan mie instan matang. Maka menu sahur pun menjadi semakin berwarna.

Chicken Nugget dan Sosis

Selanjutnya adalah makanan instan ini. Selain mudah disajikan, chicken nugget dan sosis juga memiliki rasa yang enak. Tapi buat kamu yang tidak memiliki kulkas di kosan, sebaiknya jangan biarkan nuggetmu dan sosis didiamkan lebih dari dua hari.

Kornet

Sama dengan nugget dan sosis, kornet juga termasuk makanan yang akan cepat basi jika disimpan dalam suhu ruangan. Sehingga, jika tutupnya sudah dibuka sebaiknya cepat dihabiskan.

Cereal atau oatmeal

Karena dalam ada yang dijual dalam bentuk shachet, pilihan ceral atau oatmeal cukup tepat untuk makan sahur anak kos karena tahan lama. Selain sahurmu jadi sehat, kamu juga bisa lebih menghemat.

Nah, mungkin makana-makanan teresebutlah yang bisa kamu jadikan persediaan sahur. Tambahan tipsnya sih, mending beli makan sahur saat membeli makanan untuk berbuka. Pilih makanan yang tidak cepat basi seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, rending dan makanan yan tidak berkuah dan bersantan lainnya. Jika ingin makanan tetap hangat, tinggal dipanaskan kembali sebelum makan sahur.

Semoga bermanfaat.

(Visited 2,081 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS