Bolehkah Mengkhususkan Momen Lebaran untuk Berziarah?

663 views
Sejumlah warga memanjatkan doa saat berziarah di TPU Karet Bivak, Jakarta, Jumat (27/6). Mendekati Bulan Suci Ramadhan para peziarah memanjatkan doa bagi keluarga serta kerabat mereka yang telah meninggal dunia. Sudah menjadi tradisi bagi sejumlah warga untuk berziarah ke makam keluarga atau kerabat untuk mendoakan mereka. FORUM/Arief Manurung

Dailymoslem – Di Indonesia, berbagai tradisi menghiasi jalannya Ramadhan hingga Lebaran. Salah satunya adalah tradisi berziarah di hari Lebaran selepas sholat Ied. Tak jarang kita melihat kompleks pemakaman mendadak penuh oleh anggota keluarga yang berziarah di hari Lebaran.

Lalu, apakah mengkhususkan momen Hari Raya Idul Fitri untuk berziarah dapat diterima secara syariat agama?

Pada hakikatnya, berziarah ke makam kerabat dan saudara, terutama orangtua adalah hal yang dianjurkan sebagai pengikat tali silaturahmi dengan mereka yang sudah mendahului kita.

Rasulullah bersabda:

Barang siapa ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari jum’at, Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatat sebagai bakti dia kepada orang tuanya. (HR Hakim)

Ziarah juga bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya pada Hari Raya Idul Fitri ataupun di hari Jum’at. Kapanpun dan dimanapun sebaiknya kita mendoakan kerabat dan saudara yang telah mendahului menghadap-Nya.

Syaikh Ibnu Utsaimin bahkan berpendapat bahwa mengkhususkan ziarah kubur di hari Ied merupakan perbuatan bid’ah.

“Pengkhususan hari Jum’at dan ied untuk berziarah kubur tidak ada asalnya di dalam sunnah. Pengkhususan ziarah kubur pada hari ied dan keyakinan bahwa hal itu disyariatkan, teranggap sebagai perbuatan bid’ah….” (kutipan dari Fatawa asy-Syaikh Ibnu Utsaimin 17/286 pertanyaan no. 259) Yang disyariatkan adalah berziarah kubur kapan pun waktunya yang mudah bagi yang mau berziarah, baik malam maupun siang hari.”

Namun, ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan kita hanya bisa berziarah di momen Lebaran. Misalnya jika kita merantau dan makam kerabat berada di kampung halaman. Maka saat mudik Lebaran merupakan momen yang tepat yang kita miliki untuk menziarahi kuburnya.

Jika kita tinggal di tempat yang dekat dengan makam kerabat dan saudara, maka ada baiknya menziarahi tidak hanya di momen Lebaran saja.

Wallahu ‘Alaam bisshawab.

(Visited 319 times, 1 visits today)