Bolehkah Menggugat Cerai Dalam Keadaan Hamil?

770 views
Kondisi Ibu Hamil yang Stress Akan Pengaruhi Pertumbuhan Anak

Dailymoslem – Meski dibenci Allah, perceraian sebenarnya dibolehkan dalam Islam jika saja benar-benar sudah tidak ada jalan keluar lain untuk menyelesaikan permasalahan rumah tangga selain perceraian. Di Indonesia sendiri, perceraian selalu menjadi buah bibir, terutama di kalangan selebriti.

Misalnya saja perceraian Risty Tagor yang tengah menjadi bola api dalam pemberitaan tentang selebriti di usia pernikahan mereka yang masih terhitung seumur jagung.

risty tagor cerai

Rumah tangga pasangan muda yang belum genap tiga bulan menikah ini dikabarkan kisruh. Apalagi, saat ini Risty tengah hamil muda, kabar yang diakuinya melalui instagram pada bulan Ramadhan lalu.

risty tagor cerai

Lalu, bolehkah seorang perempuan menggugat cerai atau diceraikan saat sedang hamil?

Terdapat hadits yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa tatkala Ibnu Umar mentalak istrinya ketika haid, kemudian Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan Ibnu Umar untuk mempertahankan istrinya sampai selesai haidnya dan bersuci.

Kemudian beliau bersabda,

ثم ليطلقها طاهرا أو حاملا

“Silahkan talak istrimu, dalam kondisi suci atau ketika sedang hamil.” (HR. Ahmad dan Muslim)

Sedangkan mengenai masa iddah perempuan yang sedang hamil, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya.” (QS Ath-Thalaq: 4)

Sumber gambar featured image: showbiz.liputan6.com

(Visited 928 times, 1 visits today)