Bisakah Muzmatch Menjadi Aplikasi ‘Dating’ Halal?

202 views Leave a comment
Bisakah Muzmatch Menjadi Aplikasi 'Dating' Halal?

Dailymoslem – Islam memiliki cara tersendiri dalam hal hubungan antara pria dan wanita. Adanya aturan muhrim dan non-muhrim, membuat adanya batasan interaksi yang harus dipatuhi oleh pria dan wanita. Hal ini pun berpengaruh pada tata cara mengenal pribadi calon pendamping hidup.

Biasanya kita mengenal istilah ta’aruf, khitbah kemudian menikah dalam pernikahan Islam. Ta’aruf adalah proses saling mengetahui dan mengenal pribadi, khitbah adalah proses lamaran yang dilanjutkan dengan menikah dalam waktu yang relatif dekat.

Shahzad Younes, Muslim asal Pakistan membuat aplikasi biro jodoh Muzmatch berbasis Islami setelah melihat teman-temannya kesulitan mencari pendamping hidup yang tepat. Aplikasi yang dapat digunakan di smartphone ini hampir sama dengan biro jodoh terkenal pendahulunya bernama Tinder. Istimewanya, Muzmatch memiliki tambahan features agar dapat sesuai dengan karakter seorang muslim.

Bisakah Muzmatch Menjadi Aplikasi 'Dating' Halal?

Hal itu terlihat dari spesifikasi yang mendetail mengenai sosok pendamping yang kita mau. Apakah mencari pria dengan jenggot, wanita berkerudung dan lain sebagainya. Muzmatch juga memiliki kelebihan dapat mengikutsertakan keluarga atau teman yang berperan sebagai wali.

Meskipun Muzmatch dibuat untuk muslim, tetapi sebagian orang mengkritisi bahwa aplikasi ini tidak sesuai dengan ajaran Islam. Contohnya, Muzmatch memungkinkan dua orang non-muhrim berinteraksi secara terus menerus meski sebatas layar saja.

Nah, bagaimana pendapat mu mengenai Muzmatch ini? Apakah dapat menjadi sebuah solusi untuk ta’aruf atau bahkan sama sekali tidak sesuai dengan ketentuan agama?

Baca Juga :

Inilah Interaksi Setelah Khitbah Yang Seharusnya

Lima Kiat Datangkan Jodoh Menurut Teh Ninih Mutmainah

Inilah Ikhtiar Yang Bisa Dilakukan Muslimah Untuk Menjemput Jodoh Impian

Tak Juga Bertemu Jodoh, Mungkin Ini Alasannya

4 Doa Mustajab Untuk Mendapat Jodoh

 

(Visited 330 times, 1 visits today)