Bintang Jatuh Dalam Pandangan Islam

1749 views
Bintang Jatuh Dalam Pandangan Islam

Dailymoslem – Bintang jatuh. Apa yang ada dalam pikiran kamu saat melihat ada bintang jatuh? Mungkin beberapa orang dari kita akan menutup mata dan memanjatkan doa. Ya, berdoa saat ada bintang jatuh memang sudah menjadi salah satu kebiasaan di berbagai negara.

Entah dari mana asalnya. Dari barat atau timur atau bahkan dari selatan, kebiasaan itu mulai merebak. Yang pasti setelah beberapa film Hollywood dan film-film lainnya memperlihatkan adegan memanjatkan doa kepada bintang jatuh, para muda-mudi mulai melakukannya juga.

Pandangan Islam Mengenai Bintang Jatuh

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan bintang dengan tiga tujuan. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Al-Mulk ayat 5. Allah berfirman:

Sesunggunya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan , dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”

Mengenai surat Al-Mulk ayat 5 diatas, ulama pakar tafsir, Qotadah As Sadusiy mengatakan:

“ Sesungguhnya Allah hanyalah menciptakan bintang untuk tiga tujuan: (1) sebagai hiasan langit dunia; (2) sebagai pelempar setan; dan (3) sebagai penunjuk arah. Barangsiapa yang meyakini fungsi bintang selain itu, mkaa ia berarti telah berkata-kata dengan pikirannya semata, ia telah mendapatkan nasib buruk, menyia-nyiakan agamanya (berkonseuensi dikafirkan) dan telah menyusah-nyusahkan berbicara yang ia tidak miliki ilmu sama sekali.”

Bintang Jatuh Adalah Panah Api Yang Dilemparkan Untuk Mengusir Setan-Setan Pencuri Berita

Seperti yang diungkapkan dalam Surat Al-Mulk ayat 5 diatas, bahwa bintang-bintang adalah alat-alat pelempar setan. Saat itu, setan-setan berusaha mencuri berita-berita langit yang nantinya akan diteruskan kepada tukang ramal, dukun dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk menjerumuskan manusia sehingga menyekutukan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Namun, Allah dan para malaikat selalu menjaga langit dengan percikan api yang dilesatkan dari langit. Maka binasalah para pencuri tersebut.

Dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barang siapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.” (Q.S Al-Jin: 9-10)

Oleh karena itu, berdoa saat ada bintang jatuh adalah sia-sia. Bukan hanya tidak mendatangkan kebaikan namun hal itu bisa jadi termasuk kedalam prilaku menyekutukan Allah. Jika bintang jatuh mengingatkan kita kepada perbuatan-perbuatan setan yang senantiasa menyeret kita kepada neraka, lalu kita berdoa untuk meminta perlindungan kepada Allah maka itu diperbolehkan.

So why wish upon a star, when you can pray to the one who created it ?

 

(Visited 4,165 times, 2 visits today)