Bersihkah Buah Dan Sayur Yang Anda Makan? Coba Cuci Dengan 3 Cara Ini

92 views Leave a comment
Bersihkah Buah Dan Sayur Yang Anda Makan? Coba Cuci Dengan 3 Cara Ini

Dailymoslem – Setelah membeli sayur dan buah-buahan dari pasar sudah seharusnya dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi atau diolah kembali. Hal ini dilakukan agar mikroba atau patogen yang menempel dapat dihilangkan sehinga tidak mencemari mengganggu kesehatan tubuh.

Saat mencuci sayuran dan buah-buahan tersebut juga ada yang harus diperhatikan agar benar-benar bersih namun tetap menjaga keutuhan vitaminnya. Berikut tiga poin yang sebaiknya diperhatikan.

Jangan hanya direndam dalam air

Merendam buah dan sayuran dengan tujuan menghilangkan bakteri merupakan tindakan yang kurang tepat. Hal ini malah membuat bakteri makin menyebar ke bagian yang lain. Apalagi jika direndam bersamaan dengan buah dan sayur yang lain.

Di cuci menggunakan air yang mengalir

Sebaiknya cuci buah dengan air yang mengalir. Untuk buah dengan tekstur licin sebaiknya cuci sambil dibilas atau disikat agar mikroba yang tersembunyi pada bagian yang tidak rata dapat terbilas dengan baik. Namun untuk buah dan sayur yang lebih rapuh seperti anggur dan brokoli, dialiri air saja sudah cukup.

Tidak menggunakan sabun

Buah dan satur tidak perlu dicuci menggunakan cairan pembersih. Mengenai hal ini food and Drug Administration (FDA ) Amerika pun menganjurkan untuk menghindari membersihkan buah dan sayur menggunakan sabun.

Baca juga:

Diet Buah Pir Ternyata Lebih Bagus Daripada Apel Dan Pisang

5 Buah yang Dapat Memutihkan Kulit Secara Alami

Manfaat Buah Takokak Untuk Mata Minus

Smoothies Buah Naga Yang Efektif Cegah Kolesterol

 

 

(Visited 125 times, 1 visits today)