Bersabarlah, 4 Sifat Anak Ini Ternyata Sudah Dijelaskan Dalam Al-Quran

401 views Leave a comment
Bersabarlah, 4 Sifat Anak Ini Ternyata Sudah Dijelaskan Dalam Al-Quran

Dailymoslem – Mengasuh dan mendidik anak hingga dewasa merupakan hal yang cukup sulit dijalani. Berbeda karakter anak maka berbeda juga cara mendidiknya. Ada anak yang penurut, ada anak yang kritis adan juga yang mudah membangkang. Hal itu lah yang menjadi tantangan sekaligus ladang amal bagi orang tua.

Jauh sebelum manusia menyadarinya, Al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan beberapa karakter anak yang ada di dunia. Hal ini ditunjukkan oleh Allah dalam Al-Quran tidak lain hanya sebagai pengingat. Bahwa anak merupakan titipan dan alat Allah untuk menguji hambanya yang bertakwa. Berikut ini beberapa karakter anak yang disebutkan dalam Al-Quran.

Sebagai Penyejuk Hati

Karakter ini tentunya merupakan karakter anak yang paling diinginkan oleh setiap orang. Namun tentu saja anak seperti ini kemungkinan besar akan lahir dari orang tua yang shaleh dan shaleha. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (Qs. Ali Imron: 14)

Sebagai Cobaan Hidup

Meski kebanyakan sifat anak tidak akan jauh dari sifat orang tuanya. Namun ada saja lho anak yang menjadi cobaan hidup bagi orang tuanya. Misalnya saja, orang tuanya dikenal sebagai tokoh agama namun anaknya malah suka mabuk-mabukan dan menyimpang jauh dari ajaran agama. Hal ini tentu saja menjadi cobaan berat bagi orang tua.

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Qs. Al Anfal: 28)

Anak yang bersifat lemah

Tentu saja setiap orang tua ingin anaknya memiliki sifat tangguh dan mandiri agar dapat menjalani hidup dengan baik. Namun tak jarang ada saja anak yang dikaruniai dengan sifat yang lemah dan penakut. Namun sekali lagi, keadaan merupakan cobaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (Qs. An Nisa’: 9)

Menjadi musuh orang tua

Tidak dapat dipungkiri, di dunia ini ada saja anak yang memusuhi orang tuanya. Misalnya saa karena beda pandangan atau tidak terima orang tuanya lemah dalam hal financial. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran.

“Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs At Taghabun: 14)

 

Dengan adanya penjelasan Al-Quran ini, sudah seharusnya setiap orang tua selalu bersikap sabar dalam mendidik dan mengurus anak-anaknya. Anak-anak tersebut adalah titipan, yang nantinya pasti dimintai pertanggung jawaban oleh Allah.

 

Baca juga:

Karakter Anak Dapat Dilihat Dari Tatapannya

Bahaya! Tidak Hanya Pengaruhi Prilaku, Membentak Anak Juga Bahayakan Kesehatannya

9 Hal Dari Perceraian yang Dapat Merusak Psikis Anak

(Visited 2,139 times, 1 visits today)