Berbagai Jajanan Enak Yang Terbuat Dari Aci (Tepung Kanji)

6845 views

Dailymoslem – Jenis jajanan memang sudah banyak sekali. Jika kita jalan-jalan ke daerah sekolahan pasti banyak penjual menjajakan makanan yang beragam. Dari mulai burger, es krim, cakue, mpek-mpek dan masih banyak lagi. Salah satu jajanan legendaris yang mungkin hampir disukai banyak orang adalah panganan yang berasal dari tepung kanji. Bertekstur kenyal, rasanya gurih cocok sekali ditambah dengan kecap dan saus pedas. Yap, Cilok.

Nah, selain cilok masih banyak loh makanan yang berasal dari aci (tepung kanji). Sama-sama gurih, sama-sama enak, sama-sama bikin nagih. Berikut ini beberapa makanan dari aci (tepung kanji) yang sedang hits di khasanah perjajanan anak sekolah.

Cilok (Bahasa Sunda: Aci Dicolok)

cilok

Siapa sih yang tak kenal cilok. Apalagi jika kamu tinggal di daerah Jawa Barat. Pasti kenal deh dengan makanan yang satu ini. Mulai dari anak kecil hingga dewasa suka dengan makanan berbentuk bulat ini.

Biasanya cilok disajikan dengang bumbu kacang, kecap dan saus pedas. Jenis cilok pun sekarang sudah berbeda-beda, ada yang didalamnya diselipkan telur, daging ayam dan juga lemak sapi. Untuk menambah cita rasa, biasanya cilok juga ditaburi dengan goreng bawang merah diatasanya.

Cimol (Aci Digemol/ Aci Diemol-emol)

cimol

Sebenarnya cimol dan cilok hampir sama. Aci atau tepung kanji dibuat menjadi bulat-bulat. Perbedaannya, jika cilok dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Cimol dimasak dengan cara digoreng.

Bumbu yang digunakan juga berbeda. Jika cilok terkesan basah, cimol justru terlihat kering dan hanya menggunakan garam dan bubuk cabe sebagai bumbunya. Paling pas makan cimol dalam keadaan hangat.

Cireng (Aci Digoreng)

cireng

Sama halnya dengan cimol, cireng juga panganan aci yang cara pembuatannya digoreng. Bedanya, cireng tidak dibentuk bulat-bulat dan agak tebal. Salah satu jenis cireng yang terkenal adalah ‘Cireng isi Bandung’ yang memiliki isian saus kacang yang gurih dan nikmat. Bisanya cireng juga disajikan dengan saus cocol berupa saus kacang atau saus sambal biasa, namun sekarang ada juga yang disajikan dengan bumbu rujak manis, asin, asam, pedas.

Cilung (Aci gulung)

cilung

Jajanan ini baru-baru terkenal disekitar tahun 2010. Aci yang dicampur dengan telur, digoreng sebentar kemudian digulung dengan memakai tusukan dari bambu. Biasanya disajikan dengan saus pedas ataupun bubuk cabai juga abon.

Cilor (Aci telor)

cilor

Hampir mirip dengan cilung yang dicampur dengan telur, namun cilor dibuat seperti cilok bulat-bulat kemudian baru dicelupkan pada telur dan digoreng kembali. Disajikan dengan saus sambal yang encer. Sangat nikmat jika dimakan hangat.

Cibay (Aci Lebay)

cibay

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengenal jenis jajanan ini. Cibay dibuat hampir mirip dengan keroket. Diluarnya cibay dilapisi oleh kulit lumpia yang renyah, dalamnya adonan aci yang telah dicampur dengan daging, sosis dan lain sebagainya. Jananan ini bertekstur renyah diluar lembut didalam.

Cigor (Cilok Goreng)

cigor 1

Awalnya adalah cilok biasa yang dikukus atau direbus, namun kemudian di goreng sehingga memiliki tekstur renyah. Biasanya dilumuri dengan bumbu kacang dan bubuk cabai juga bawang goreng.

Cigor dijual dengan cara sudah ditusuk oleh tusukan bambu (semacam sate) sehingga mudah untuk dimakan.

Cigo (Cilok Goang)

cigoang

Banyak versi dari makanan ini. Pada dasarnya cilok goang disajikan mirip dengan bakso. Berkuah dan disandingkan dengan tahu kukus dan ceker ayam. Goang sendiri berasal dari saus cabai (cengek) berewarna hijau. Pas dinikmati sore hari, pada saat masih panas.

Wah, banyak juga yah jajanan yang berasal dari aci. Hayo punya ide lain untuk mengembangkan jenis cilok selanjutnya?

(Visited 13,893 times, 75 visits today)