Benarkan Menggunakan Hand-Dryer Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

135 views Leave a comment
Benarkan Menggunakan Hand-Dryer Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Dailymoslem – Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang meyimpan kuman paling banyak. Pasalnya ada sekitar  500.000 bakteri yang bersarang disana. Oleh karena itu, PBB mewanti-wanti agar kita lebih memperhatikan kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seperti makan, memasak dan buang air.

Pentingnya kebersihan tangan menjadi salah satu standarisasi yang dipenuhi oleh tempat makan umum seperti food court, restourant dan lain sebagainya. Di tempat-tempat seperti itu pasti disediakan wastafel dan alat pengering tangan yang disebut dengan hand-dryer.

Namun ternyata hand-dryer tersebut dinilai dapat mengotori tangan lebih-lebih dari sebelum mencuci tangan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa lingkungan hangat yang ada dalam hand-dryer sangat disenangi oleh bakteri untuk berkembang biak.

Terlebih lagi, kebersihan hand-dryer seringkali tidak diperhatikan oleh pihak perawat gedung. Alhasil, kuman dan bakteri terus berkembang di dalamya. Sehingga saat hand-dryer diaktifkan, ia akan menyemburkan kuman ke seluruh bagian telapak tangan. Oleh karena itu, lebih baik mengeringkan tangan menggunakan tissueatau sapu tangan pribadi.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kuman yang disebarkan melalui hand-dryer tidak signifikan mempengaruhi kesehatan tubuh. Sehingga berita yang menyebutkan bahwa menggunakan hand-dryer dapat membahayakan kesehatan dianggap sebagai sesuatu yang hiperbola.

Nah, menurut kamu bagaimana? Yuk diskusikan di dalam komentar.

(Visited 143 times, 1 visits today)