Benarkah Orang yang Suka Begadang Cenderung Lebih Cerdas?

132 views Leave a comment
Benarkah Orang yang Suka Begadang Cenderung Lebih Cerdas?

Dailymoslem – Begadang seringkali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Namun, penelitian terbaru justru menemukan bahwa orang yang cenderung suka bangun malam atau disebut dengan night owls lebih cerdas daripada orang yang tidur sepanjang malam.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari London School of Economics & Political Science, Satoshi Kanazawa yang emnemukan bahwa orang yang tidur larut malam mempunyai IQ yang lebih tinggi, dilansir dari Huffington Post.

Penelitian yang diterbitkan dengan judul “Why Night Owls are More Intelligent” ini menemukan hubungan antara kecerdasan dan perilaku adaptif manusia. Kesimpulan dari penelitian Satoshi ini antara lain bahwa, “anak-anak yang lebih cerdas nampaknnya tumbuh menjadi orang dewasa yang nokturnal, baik di hari kerja maupun akhir pekan.”

Selain itu, studi lain yang melakukan analisis terhadap 1.000 remaja juga membenarkan hal ini, seperti dilaporkan Smithsonian Magazine. Dalam studi tersebut ditemukan para bahwa pelajar yang tidur larut malam cenderung lebih cerdas daripada remaja yang tidur sepanjang malam.

Penjelasan dari kesimpulan ini juga dipaparkan oleh penelitian yang dipimpin oleh Marina Giampetro bahwa mereka yang tidur malam cenderung membangun solusi orisinil dan lebih kreatif terhadap masalah daripada orang yang tidur lebih awal. Marina juga menyampaikan ¬†bahwa hal ini mungkin terjadi karena pada saat begadang, orang “mungkin menyebabkan tumbuhnya semangat non-konvensional dan lahirnya kemampuan untuk menemukan solusi alternatif dan orisinal.”

(Visited 196 times, 1 visits today)