Benarkah Makanan yang Jatuh “Belum Lima Menit” Masih Boleh Dimakan?

87 views Leave a comment
Benarkah Makanan yang Jatuh "Belum Lima Menit" Masih Boleh Dimakan?

Dailymoslem – Pernahkah Anda mengambil kembali makanan yang jatuh ke lantai, karena orangtua bilang “belum lima menit”? Benarkah makanan yang jatuh ke lantai sebelum lima menit tidak mengandung bakteri berbahay dan masih bisa dimakan?

Tak main-main, hal ini dibuktikan oleh sebuah studi di Astun University di Inggris, yang menyimpulkan bahwa makanan yang jatuh masih bisa dimakan asalkan tidak dalam waktu yang lama, dilansir dari Forbes. Namun, tidak semua makanan yang jatuh masih bisa dimakan sebelum lima menit, karena ini tergantung pada jenis makanannya sendiri.

Lamanya Jatuh

Anthony Hilton, peneliti dari Aston University mengungkapkan bahwa makanan yang hanya jatuh beberapa detik mengandung bakteri yang lebih sedikit daripada yang sudah lama jatuh. Makanan yang sudah jatuh selama 3 sampai 30 detik, terdapat 10 kali lipat bakteri di dalamnya. Berdasarkan studi Journal of Applied Microbiology, para peneliti menemukan bahwa makanan yang sudah jatuh ke lantai selama lima menit bisa mengandung 150 hingga 8.000 tipe bakteri, tergantung kondisi kebersihan lantai.

Makanan Basah

Makanan yang kering seperti keripik dan cookies tidak akan ditempeli terlalu banyak bakteri saat jatuh, tidak seperti makanan basah seperti permen atau pasta yang bisa ditempeli 20 persen lebih banyak bakteri dan kuman dalam waktu yang singkat saa jatuh.

Makanan yang Rendah Gula dan Garam

Sebuah percobaan dilakukan oleh peneliti dari Manchaster Metropolitan University yang membandingkan makanan yang tinggi kandungan garam dan gula seperti daging ham dan roti berselai, dengan makanan rendah gula dan garam seperti buah kering dan pasta matang.

Hasilnya, makanan yang tinggi kandungan gula dan garam ditempeli lebih banyak bakteri dan kuman saat jatuh dibanding makanan yang rendah gula dan garam. Makanan yang rendah gula dan garam ini mengandung bakteri klebisella yang mennyebabkan radang paru, infeksi saluran kecing dan gangguan jaringan lunak.

Makanan yang Jatuh Ke Laptop

Menurut seorang peneliti di Inggris, keyboard komputer jinjing memiliki bakteri lebih banyak dibanding dudukan toilet. Maka, sebaiknya tidak mengambil lagi makanan yang jatuh ke keyboard laptop dan hindari makan siang di hadapan laptop.

(Visited 134 times, 1 visits today)