Belum Ada Sertifikat Halal, Bolehkan Downy Digunakan?

959 views Leave a comment
Belum Ada Sertifikat Halal, Bolehkan Downy Digunakan?

Dailymoslem – Kesucian badan dan pakaian dalam Islam benar-benar diperhatikan. Saat ibadah, seorang muslim harus memastikan bahwa pakaian dan badannya terbebas dari kotoran dan najis agar ibadahnya tersebut dapat diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Menjaga agar pakaiannya tetap bersih dan bebas dari najis, pastinya kita selalu mencucinya secara berkala. Mulai dari merendamnya dengan detergen hingga memberikannya pelembut dan pengharum agar lebih nyaman saat dipakai. Selain itu, memakai wewangian saat menjalankan ibadah merupakan hal yang disunahkan. Namun bagaimana jika bahan-bahan yang kita gunakan untuk mencuci tersebut memiliki zat yang tergolong haram?

Beberapa waktu lalu, kabar mengejutkan datang dari pelembut pakaian yang bermerk Downy. Hal ini berawal dari seorang netizen asal Malaysia yang mempertanyakan kebenaran bahwa komposisi Downy terdiri dari lemak babi dan lemak hewan zabiha (hewan yang dipotong tidak secara Islam).

Pihak Downy, kemudian membenarkan bahwa produknya mengandung lemak hewan, termasuk babi. Hal tersebut langsung menggemparkan masyarakan Malaysia dan Indonesia yang notabene mayoritas Muslim.

Menanggapi hal itu, pihak Downy Malaysia dan Indonesia sepakat menyatakan bahwa komposisi produknya disesuaikan dengan kondisi pasar yang menjadi target. Mereka pun mengatakan bahwa memiliki pabrik dan komposisi yang berbeda dengan Downy yang dijual di Amerika.

Meskipun dengan tegas telah menyanggah adanya komposisi bahan yang haram dalam produk Downy di Malaysia, namun ternyata pihak Kemajuan Islam Malaysia sebagai badan yang biasa mengeluarkan sertifikat halal mengatakan pihaknya belum memberikan sertifikat halal terhadap Downy.

Hal ini dikarenakan tidak ada pengajuan mengenai sertifikat halal dari pihak P&G sebagai perusahaan yang mengembangkan produk pelembut tersebut.

Produk pelembut pakaian di bawah persyarikatan P&G ini tidak pernah mengajukan pensijilan (permintaan sertifikasi) Halal Malaysia. Dengan demikian terkait halalan thoyyiban ini tidak dapat dipastikan.” Ungkap pihak Kemajuan Islam Malaysia seperti dikutip dailymoslem dari halhalal.com.

Seperti halnya di Malaysia, ternyata pihak Majelis Ulama Indonesia pun belum memberikan sertifikasi halal pada Downy. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas pencarian produk halal di situs halalmui.org.

Mengenai masalah sertifikasi halal ini, pihak Downy Indonesia mengatakan bahwa pihaknya masih mempelajari peraturan mengenai jaminan produk halal di Indonesia.

Hingga saat ini, produk Downy Indonesia belum tersertifikasi halal dimana kami masih mempelajari pertauran mengenai jaminan produk halal di Indonesia. Merupakan kebijakan dan kewajiban dari P&G untuk selalu mematuhi dan mengikuti peraturan dan hukum yang berlaku di negara kami berada. Maka dari itu, kami mengutamakan penggunaan bahan sintetik atau diambil dari tanaman sebagai bahan dasar produk kami dan menghindari penggunaan bahan dasar berasalkan dari hewan.” Tulis Downy Indonesia di laman facebook-nya.

downy 2

Baca juga:

Jawaban Downy Indonesia Terkait Penggunaan Bahan Babi

Dituding Mengandung Lemak Babi, Ini Jawaban Pihak Downy Malaysia

Downy Mengandung Bahan Babi Gemparkan Malaysia

Wah, Ternyata Produk Kain dan Pakaian Juga Perlu Sertifikasi Halal!

(Visited 1,917 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS