Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?

108 views Leave a comment
Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?

Dailymoslem – Salah satu hal yang diperlukan oleh manusia adalah hunian. Ya, sandang, pangan dan papan adalah tiga kelompok kebutuhan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehingga dikatakan sebagai kebutuha primer. Namun dengan kondisi keuangan seperti saat ini, banyak orang yang kebingungan bagaimana caranya memiliki rumah sendiri, sedangkan pendapatan hanya mentok di UMR saja. Akhirnya yang terjadi adalah memperkaya orang yang sudah kaya, semacam para pemilik kosan antau kontrakan.

Sebenarnya, jika kita memiliki niat yang teguh dan mau bertanggung jawab atas niat tersebut maka ketidak mungkinan yang selama ini bergelayut dikepala ini akan hilang dengan sendirinya. Nah, berikut ini adalah tips agar gaji sebesar Rp 3.000.000 bisa cukup untuk membeli sebuah rumah.

Hitung kemampuan bayar cicilan perbulan

Sesuai dengan ketentuan keuangan yang sehat, maksimal seseorang membayar utangnya tidak lebih dari 35% dari jumlah pendapatan. Dengan kata lain, cicilan utang tidak boleh lebih dari 35% pendapatan seseorang dala satu bulan. Jadi jika memiliki pendapatan tetap setiap bulan sebesar Rp 3.000.000, kemampuan mencicil utang maksimal perbulannya adalah sebesar Rp 1.050.000. Jumlah tersebut adalah total dari semua cicilan. Jadi, jika ada cicilan lain yang sedang dilakukan maka kemampuan mencicil KPR akan lebih rendah lagi.

Ketahui kemampuan maksimal pengambilan KPR

Saat mengambil KPR dengan mencicil, maka kita akan dikenakan bunga. Tarolah setiap tahun KPR tersebut berbungan 12% dengan cicilan Rp 1.050.000 selama 15 tahun maka jumlah maksimal KPR yang kita ambil adalah sebesar Rp 134,5 juta. Nah, biasanya dana yang ditanggung oleh KPR di Indonesia hanya 65% saja, sehingga sisanya harus disediakan sendiri sebagai uang muka.

Usaha sampingan untuk mempercepat tersedianya uang muka

KPR, rumah atau tanah adalah aset yang semakin tahun semakin tinggi harganya. Oleh karena itu semakin cepat menyediakan dana uang muka maka semakin cepat dan murah KPR yang didapatkan. Dari hitungan diatas, uang muka yang harus disediakan adalah Rp 47 juta. Untuk mengumpulkannya kita bisa menyisihkan setidaknya Rp 300.000 setiap bulan dari uang gaji dan membuat usaha sampingan seperti jualan online, freelance sesuai kemampuan ataupun menggunakan bonus tahunan yang diterima dari perusahaan.

 

Nah itulah tiga tips agar gaji sebesar Rp 3.000.000 bisa cukup untuk membeli rumah hunian. Semoga bermanfaat!

(sumber: prita gozie)

 

Baca juga:

6 Cara Mengatur Keuangan Agar Uang Tak Habis Di Akhir Bulan

8 Indikator Finansial Sehat Ala Prita Ghozie

Tips Dan Trik Jitu Sukses Jualan Online Di Indonesia

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

(Visited 317 times, 1 visits today)