Begini Cara Agar Tidak Dijahit Setelah Melahirkan

129 views Leave a comment
Begini Cara Agar Tidak Dijahit Setelah Melahirkan

Dailymoslem РProses melahirkan merupakan hal yang membuat wanita mengalami kecemasan. Antara bahagia karena anak akan segera lahir ke dunia, juga takut terjadi apa-apa saat proses persalinan berjalan. Di saat itu, rasanya wanita berada di ambang hidup dan mati.

Salah satu hal pada proses persalinan yang ditakutkan oleh wanita adalah sobeknya bagian vagina yang disengaja di gunting untuk mempermudah keluarnya bayi. Dalam dunia kedokteran, hal ini dikenal sebagai episiotomi. Menurut banyak wanita yang merasakannya, dibandingkan dengan proses keluarnya bayi proses penjahitan bagian vagina yang digunting jauh lebih sakit. Nah oleh karena itu, agar terhindar dari episiotomi beberapa hal ini sebaiknya dilakukan.

Berusaha Untuk Menenangkan Diri Sendiri

Pengendalian diri adalah kunci pertama agar proses melahirkan tidak harus melakukan episiotomi. Yakinkan diri bahwa Anda bisa melaluinya dengan lancar. Hindari pikiran negatif dan dekatkan diri dengan Allah¬†Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan ketenangan dan kemudahan.

Hindari Kelelahan yang Berlebih

Episiotomi biasanya dilakukan karena ada gangguan pada ibu hamil, entah gangguan berat ataupun ringan. Kelelahan sendiri merupakan salah satu dari gangguan ringan yang dialami oleh ibu hamil. Oleh karena itu, hindari kelelahan berlebihan terutama saat memasuki bulan-bulan akhir memasuki masa persalinan.

Cobalah Gerakan-Gerakan Ringan Untuk Melatih Otot

Gerakan sujud adalah salah satu gerakan yang membantu bayi berada dalam posisi yang tepat untuk dilahirkan. Para ibu juga bisa mencoba mengepel lantai dengan gerakan membungkuk juga berjalan santai semampunya. Gerakan-gerakan sederhana tersebut dapat membantu menguatkan otot agar lancar saat melahirkan.

Konsumsi Alpukat dan Minyak Zaitun

Alpukat dan Minyak Zaitun dipercaya dapat membuat persalinan lebih mudah. Kedua bahan itu juga membuat kulit lebih mudah meregang sehingga tidak perlu dilakukan episiotomi.

Sangat Dianjurkan Untuk Mengangkat Bokong Saat Melahirkan

Mengangkat bokong ketika melahirkan akan menyebabkan robekan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan bokong tidak memiliki penyangga lagi sehingga otot dibagian tersebut akan mudah terkoyak.

Baca juga:

4 Tips Minimalkan Kemungkinan Persalinan Sesar

Permudah Proses Persalinan Pertama Dengan Aktivitas Ini

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kehamilan Memasuki Usia 7 Bulan

(Visited 173 times, 1 visits today)