Beda Sumber Data, Rusia-Turki Memanas

96 views Leave a comment
Beda Sumber Data, Rusia-Turki Memanas

Dailymoslem – Jet tempur milik Rusia, Su-24 hancur berkeping-keping di rudal F-16 Turki. Penembakan tersebut terpaksa dilakukan karena Su-24 yang membombardir ISIS tersebut diketahui berkali-kali melintasi batas udara Turki.

Sebelumnya, jet tempur yang dikendalikan oleh dua pilot tersebut mengabaikan 10 kali peringatan dan akhirnya Turki melakukan keputusan berat untuk menembak. Satu pilot berhasil menyelamatkan dri dengan menggunakan kursi lontar, sedangkan satunya lagi di kabarkan tewas.

Pelanggaran ini dibantah oleh Rusia dengan mempublikasikan bukti berbeda mengenai jatuhnya jet tersebut. Data navigasi milik Rusia menunjukkan bahwa Su-24 terbang di bagian selatan perbatasan Turki dan Suriah. Sedangkan Turki mengklaim bahwa jet sudah masuk satu mil dalam wilayah Turki.

Dilansir dari detik, kolumnis teknologi Ars Technica mantan Angkatan Laut AS, Sean Gallagher menyebutkan bahwa bisa saja kedua belah pihak benar karena basis data yang ditunjukkan berbeda.

Aksi penembakan ini memicu perdebatan dunia Internasional. Presiden Rusia, Vladimir Putin memperingatkan bahwa aka nada konsekuensi serius atas tindakan Turki tersebut.

 

(Visited 124 times, 1 visits today)