Beberapa Tips Jitu Agar Anak Semangat Sekolah

367 views
Tips anak semangat sekolah

Dailymoslem –  Saat pertamakali masuk ke sekolah, sikap dan prilaku satu anak dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang langsung nyaman bersekolah ada juga yang malah tak mau ditinggal bahkan sampai tak mau bersekolah.

Hal itu sangat wajar dialami oleh anak-anak. Bahkan pada anak yang biasanya cerewet dirumah, bisa jadi ia berubah sikap saat disekolah. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkannya begitu, bisa dari ketidak mengertiannya tentang pentingnya sekolah, ketidak sukaannya pada suasana baru dengan teman-teman baru dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua, mungkin kita akan sangat khawatir jika anak jadi malas atau bahkan tidak mau masuk sekolah. Berikut ini beberapa tips untuk menumbuhkan semangat sekolah anak.

Ceritakan Asiknya Memiliki Banyak Teman

Ada beberapa anak yang tidak mau sekolah karena malu atau takut pada teman-teman sekelasnya. Jika hal tersebut berlangsung lama, maka akan mengakibatkan sesuatu yang buruk. Biasakan untuk menceritakan asiknya memiliki banyak teman. Berikan contoh positif memiliki banyak teman atau bahkan ajari permainan seru apa saja yang bisa dilakukan dengan teman sekolah.

Beri Pengertian Bahwa Belajar Itu Menyenangkan

Pada dasarnya setiap manusia itu memiliki kecendurungan menyukai hal-hal baru. Sayangnya, seiring dengan kultur setiap keluarga yang berbeda maka kecenderungan tersebut ada yang tertutup bahkan hilang.

Oleh karena itu, biasakan untuk tidak melarang anak mengeksplorasi hal-hal baru. Namun hal itu juga harus dibarengi dengan pengawasan. Semakin terbiasanya anak mengeksplorasi hal baru, semakin tertarik ia untuk belajar.

Ajak anak untuk bermain sambil belajar. Misalnya taman bermain, kebun binatang atau museum. Beri tahu hal yang membuat dia senang dan penasaran. Saat anak mulai tertarik, ceritakan bahwa saat sekolah akan banyak hal mengagumkan yang akan diketahui. Dengan hal itu anak pasti akan semangat sekolah.

Siapkan Sarapan Dan Bekal Istimewa

Sarapan dengan menu yang anak sukai, bisa membuat hatinya menjadi ceria. Anda bisa menyiapkan pancake kesukaannya dengan coklat dan keju. Siapkan juga bekal makanan istimewa, agar anak menyadari bahwa sekolah adalah hal baru yang didalamnya banyak hal yang menyenangkan.

Jaga Mood Anak Saat Mengantarkannya Ke Sekolah

Anak-anak memiliki mood yang mudah berubah. Sebisa mungkin buat anak selalu ceria. Misalnya dengan menyetel lagi favoritnya, ceritakan sesuatu yang seru dan lain sebagainya.

Beri Peralatan Sekolah Baru Yang Disukainya

Jika memungkinkan, berikan peralatan sekolah baru untuknya. Akan lebih baik jika anak sendiri yang memilih peralatan baru tersebut saat membelinya. Meskipun tak seluruhnya baru, sebisa mungkin ada beberapa peralatan yang baru misalnya buku, pensil, penggaris, tas, sepatu atau tempat pensil.

 

(Visited 401 times, 1 visits today)