Beberapa Penyebab Nyeri Pada Payudara

405 views
nyeri-payudara

Dailymoslem – Kanker payudara adalah hal yang menyeramkan bagi seluruh wanita di dunia. Apalagi sekarang ditemukan banyak karsinogen yang berpotensi mengakibatkan kanker dalam tubuh manusia. Jika tidak cermat memilih asupan makanan maka mungkin kanker payudara akan menghantui.

Salah satu tanda kanker payudara memang ada rasa nyeri disekitar payudara, itu pun jika sel kanker tumbuh tepat pada syaraf di payudara. Namun, selain kanker nyeri di payudara juga bisa menandakan hal-hal berikut ini.

Puber

Hal ini terjadi pada anak-anak remaja. Mereka yang sedang mengalami perubahan bentuk tubuh, salah satunya payudara yang membesar memungkinkan untuk merasakan nyeri disekitar payudara. Namun, nyeri tersebut tidak terasa terus-menerus. Hanya pada kondsi tertentu saja seperti saat badan tertelungkup yang menyebabkan dada tertekan.

Pra Menstruasi Syndrome

Nyeri pada payudara pun bisa menjadi tanda kita akan haid. Hal ini adalah akibat dari pengaruh hormone estrogen dan progesterone yang mengalami naik dan turun pada masa sebelu, saat dan sesudah haid.

Masing-masing wanita mengalami kondisi yang berbeda-beda. Jadi, jika ada nyeri di payudara jangan dulu panik. Lihat jadwal haid Anda, mungkin saja itu hanya tanda PMS.

Hamil

Penyebab lain dari rasa nyeri di payudara adalah kehamilan. Hampir sama dengan PMS, hal ini juga terjadi karena kondisi hormonal. Bukan hanya nyeri, ketika hamil payudara pun bisa mengalami bengkak yang diakibatkan tubuh mulai mempersiapkan diri untuk anak yang ada dalam kandungan.

Kista

Hal lain yang menyebabkan nyeri pada payudara adalah kista. Meskipun namanya menyeramkan, namun jika kista tidak tumbuh membesar dan mengganggu, ia tidak berbahaya. Biasanya kista diatasi dengan operasi kecil saja.

Dengan mengetahui beberapa penyebab nyeri pada payudara diatas, diharapkan jangan dulu panik saat mengalaminya. Kebanyakan kasus kanker pada payudara, tidak diawali dengan rasa sakit. Namun, Anda harus terus mengecek perubahan yang terjadi apabila gejala berlanjut. Segera hubungi dokter jika ada sesuatu yang ganjil dengan nyeri payudara Anda.

 

 

 

(Visited 1,037 times, 14 visits today)