Bapak Tua Ini Menambal Jalan Tiap Malam Tanpa Mengharap Imbalan

475 views

Daiymoslem – Banyak orang yang mengeluh karena kondisi jalan yang jelek, tapi hanya sedikit yang melakukan tindakan nyata.

Lelaki itu adalah Abdul Syukur, lelaki berusia 65 tahun ini menambal salah satu jalanan rusak di Surabaya setiap malam. Beliau adalah seorang penarik becak yang sering melalui jalanan rusak. Setiap kali ia melewati jalanan tersebut, becaknya selalu oleng dan hampir jatuh, itulah kenapa Pak Dul merasa perlu menambal jalanan ini.

Setiap malam setiap selesai menarik becak, sekira pukul 21.00 malam, Pak Dul mulai mengangkut batu untuk menambal jalanan ini. Pak Dul bisa mengangkut 2-3 kuintal batu setiap malam dengan menggunakan becaknya. Berbekal palu sederhana, Pak Dul memecah batu-batu tersebut hingga bisa menutupi jalan-jalan yang bolong.

“Jalan terakhir yang saya tambal Jalan Tembaan, Gembong, Gembong Tebasan, dan Tambak Rejo,” ujarnya, dilansir dari jpnn.com.

Pak Dul mengaku, ia seringkali dibilang gila karena mau menambali jalanan tanpa diberi imbalan.

“Kon iku wong gendeng. Lapo ngono iku? Oleh duit ta?” ujarnya, menirukan orang-orang yang mengejeknya karena menambal jalan tanpa dibayar.

Namun, lelaki yang sudah berprofesi sebagai penarik becak sejak 1968 ini tidak ambil pusing, ia hanya melakukannya agar tidak membahayakan orang yang melewati jalan tersebut, termasuk dirinya dan penumpangnya.

“Pokoknya, kalau naik becak mak yut-yut dan bikin oleng atau mau jatuh, embong itu harus ditambal,” ujarnya.

Subhanallah, semoga jalan Pak Dul menuju surga juga semulus jalan-jalan yang ditambalnya. Aamiin.

(Visited 227 times, 1 visits today)