Banjir Bandang, Pemkab Garut Buka Rusun Untuk Warga Yang Rumahnya Rusak Berat

255 views Leave a comment
Banjir Bandang, Pemkab Garut Buka Rusun Untuk Warga Yang Rumahnya Rusak Berat

Dailymoslem – Hujan besar yang melanda Kabupaten Garut menyebabkan banjir yang disertai longsor di beberapa daerah. Banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 hingga 2 meter ini terjadi di daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut pada Rabu sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Luapan sungai Cimanuk dan Cikamuri yang terjadi begitu cepat tidak dapat ditanggulangi dan akhirnya menerjang beberapa desa. Saat ini diketahui bahwa  Kampung Cimacan merasakan dampak banjir paling parah.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, saat ini data baru diketahui 10 orang tewas, satu orang hilang, empat orang luka berat, 26 luka ringan dan ratusan orang mengungsi. Sedangkan, total rumah yang rusak diprediksi hingga 200 unit.

Untuk menanggulangi hal ini, Pemerintah Kabupaten Garut telah menyiapkan rumah susun yang berada di kawasan Muara Sanding, Garut Kota untuk menampung warga yang rumahnya tidak bisa lagi ditempati akibat banjir. Pemerintah Kabupaten Garut juga telah membangun dapur umum di kantor Korem Garut. Bantuan beras dan ikan sudah disalurkan ke dapur umum.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)