Bandung Command Center Terinspirasi Star Trek

208 views
Bandung Command Center Terinspirasi Star Trek

Dailymoslem – Bandung Command Center merupakan salah satu program yang diusung Ridwan Kamil Walikota Bandung  untuk mewujudkan Bandung sebagai Smart City.

Dari layar besar yang terpampang di ruangan berbentuk bundar ini terlihat suasana jalan-jalan kota Bandung yang telah dipasangi CCTV seharga 3 juta lebih per unit yang bisa di-zoom hingga sebelas kali. Dari bentuk ruangan yang membentuk lingkaran juga komputer-komputer yang tersebar di sekitarnya, terlihat jelas ruangan ini mirip ruangan yang ada di film Star Trek.

“Iya, memang ini terinspirasi dari film Star Trek,” ujar Ridwan Kamil dalam sebuah wawancara dengan program Satu Indonesia di NET TV.

Dalam ruang komando ini terdapat berbagai aplikasi untuk mengontrol kondisi Bandung secara keseluruhan, mulai dari data cuaca, peta, video feed, special vehicles location, video analisis dan masih banyak lagi.

CCTV yang merekam sudut-sudut kota Bandung bukan bermaksud untuk memata-matai masyarakat, tapi untuk mengontrol jika terjadi suatu peristiwa yang membutuhkan penanganan seperti parkir liar, pedagang kaki lima di lokasi terlarang hingga tindakan masyarakat yang menyimpang seperti aksi geng motor dan tindakan vandal.

Selain kamera CCTV yang merekam sudut-sudut kota Bandung, di ruang komando ini juga Ridwan Kamil memiliki aplikasi yang bisa mengontrol jalannya pelayanan publik di kantor-kantor kecamatan kota Bandung. Jadi, dipastikan semua warga Bandung mendapat pelayanan publik yang memuaskan.

(Visited 165 times, 1 visits today)