Bakso untuk Ibu Hamil, Amankah?

768 views Leave a comment
bakso untuk ibu hamil

Dailymoslem – Bakso merupakan salah satu makanan yang sering disebut tidak disarankan untuk ibu hamil. Selain karena kandungan gizinya, juga berbagai mitos yang menyertainya.

Padahal, bakso merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Benarkah bakso tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu diketahui ibu hamil untuk mengonsumsi bakso.

Kandungan MSG yang Tinggi Pada Bakso

Makanan satu ini memang dikenal dengan kandungan MSG dan garamnya yang cukup tinggi, biasanya terdapat pada kuahnya. Kandungan MSG (monosodium glutamat) ini memang berbahaya terutama jika dikonsumsi ibu hamil, karena dapat mengganggu perkembangan sel otak janin dan juga meningkatkan hipertensi ibu karena kandungan garamnya yang tinggi. Selain itu, MSG juga disebut-sebut dapat membantu pembelahan sel kanker dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker.

Kandungan Pengawet

Selain MSG, kandungan lain yang dikhawatirkan ada pada bakso terutama bakso yang kita beli di luaran adalah kandungan pengawetnya. Zat-zat yang terkandung dalam pengawet ini dapat merusak sel yang ada dalam tubuh sehingga ibu hamil bisa jadi rentan terkena berbagai penyakit.

Olahan Daging yang Tidak Baik

Meski mengandung daging sapi yang kaya protein, daging dalam bakso juga belum tentu diolah dengan baik, terutama jika kita membelinya di tempat yang tidak higienis. Daging yang tidak benar-benar dimasak dengan matang dapat mengandung zat-zat seperti mikroorganisme toksoplasma yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Berbagai risiko juga perlu diwaspadai dari daging yang tidak diolah dengan baik, mulai dari mempengaruhi perkembangan fisik janin hingga risiko kelahiran cacat.

Sambal

Beberapa orang juga biasanya menikmati bakso dengan sambal yang cukup pedas, padanan ini memang dirasa sangat pas di lidah orang Indonesia. Namun, sambal yang terlalu pedas dan juga cara pengolahannya yang tidak baik justru dapat membahayakan kesehatan Ibu, seperti diare yang dapat berakibat pada keluhan lain seperti lemas dan dehidrasi, juga masalah pencernaan lainnya.

Itulah beberapa pertimbangan untuk ibu hamil yang ingin mengonsumsi bakso. Pada dasarnya, tidak ada makanan pantangan untuk ibu hamil, asalkan semua masih dalam porsi yang wajar dan juga diolah dengan baik dan higienis.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)