Baju Renang Muslim Marks & Spancer Tuai Pro Kontra Di Dunia Fashion Barat

114 views Leave a comment
ad_201671569-e1459589338805

Dailymoslem – Fashion muslim menjadi salah satu komoditi yang terus berkembang beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, desainer-desainer dunia pun sudah mulai menyediakan koleksi yang ramah untuk wanita muslim. Sebut saja Dolce & Gabbana yang beberapa waktu lalu meluncurkan koleksi hijab dan abaya yang ditargetkan untuk wanita timur tengah.

Kali ini retail busana dunia Marks & Spancer (M&S) meluncurkan koleksi baju renang yang bisa digunakan oleh wanita berhijab bernama burkini.  Baju berenang tersebut berbentuk celana panjang dan atasan hingga lutut yang juga dilengkapi dengan penutup kepala hingga leher. Tidak hanya itu saja, baju renang besutan M&S ini juga longgar dan sangat nyaman.

Sayangnya, peluncuran ini memicu komentar pedas dari para pelaku fashion di barat sana. Salah satunya co-founders rumah mode Yves Saint Laurent, Pierre Berge. Ia dengan lantangnya menyebut bahwa pakaian muslim merupakan sesuatu yang mengekang menyembunyikan wanita dari kehidupan dunia dan tentu saja menggabungkan fashion dengan ketentuan tersebut merupakan hal yang salah.

“Aku merasa tersinggung. Pembuat busana harusnya tak melakukan apapun dengan fashion Islam. Designer harusnya membuat wanita lebih cantik, memberi mereka kebebasan, bukan berkolaborasi dengan sikap diktator yang mana merupakan hal keji dengan menyembunyikan wanita dan membuat mereka menjalani hidup yang tersembunyi,” Ungkap Berge seperti dikutip dari metro.co.uk.

Perkataan Berge pada saat diwawancarai oleh French radio tersebut dianggap ironis. Hal ini dikarenakan rumah mode Yves Saint Laurent telah meluncurkan koleksi bertajuk Moroccan yang merupakan negara muslim di kawasan Afrika Timur.

Burkini dari  Marks & Spancer memunculkan beragam pandangan. Polling yang dilakukan oleh Metro.co.uk menunjukkan 61% responden setuju dengan penjualan baju renang ini. Mereka berpendapat bahwa wanita harusnya diperbolehkan untuk memilih dengan bebas apa yang dikenakannya. Sisanya, sebanyak 31% berendapat bahwa toko-toko yang berada di high street tidak perlu menjual pakaian muslim termasuk baju renang.

Baca juga:

Dian Pelangi Luncurkan Baju Berenang Muslim Super Stylish

Inspirasi Baju Renang Muslim Ala Dian Pelangi

(Visited 84 times, 1 visits today)