Bahaya yang harus diketahui saat duduk menyilangkan kaki

94 views Leave a comment
Bahaya yang harus diketahui saat duduk menyilangkan kaki

Dailymoslem – Salah satu posisi yang paling sering dilakukan oleh manusia adalah duduk. Mulai dari anak sekolah hingga para pegawai melakukan kegiatannya dengan cara duduk. Tak jarang juga kita duduk dengan menindihkan satu kaki diatas kaki yang satunya (menyilang).

Secara tidak disadari, posisi ini sering kita lakukan untuk mendapatkan kenyamanan saat duduk. Misalnya saat duduk dengan teman-teman, duduk sambil membaca koran dan lain sebagainya. Tapi ternyata duduk dengan posisi seperti ini dapat mempengaruhi kesehatan. Bagaimana pengaruhnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menjadi salah satu sebab sakit punggung dan leher

Saat menyilangkan kaki, tubuh khususnya tulang punggung cenderung bengkok. Hal ini dapat menyebabkan ketidak seimbangan pada panggul dan akhirnya membuat punggung nyeri dan leher sakit.

Salah satu penyebab varises

Dr. Hooman Madyon salah seorang ahli jantung di Cedars Sinai Medical Center menyatakan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki berpotensi menimbulkan varises. Saat kaki bertumpu pada kaki satunya lagi, tekanan darah yang mengembalikan darah ke jantung akan bekerja lebih keras serta menghambat bahkan merusak pembuluh darah dibagian kaki dan akhirnya menyebabkan varises.

Merusak saraf

Menyilangkan kaki dapat membuat kita merasa kesemutan dan beberapa bagian kaki menjadi mati rasa. Ini dapat membahayakan bahkan merusak saraf sciatic yang terdapat di sepanjangg punggung bawah hingga kaki.

 

(Visited 274 times, 1 visits today)