Bahaya Tidur Setelah Makan

99 views Leave a comment
Bahaya Tidur Setelah Makan

Dailymoslem – Kamu pasti sering mengalami ngantuk setelah makan siang kan? Hal itu disebabkan karena tubuh sudah kelelahan dan ditambah dengan salah memilih menu makan. Seperti terlalu banyak karbohidrat atau lemak.

Meskipun kantuk mendera, sebaiknya hindari tidur setelah makan. Laman live strong menjelaskan bahwa langsung tidur setelah makan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Bertambahnya bobot tubuh

Nah lho, ga mau kan bobot tubuh meningkat? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan ‘nikmat’ satu ini. Untuk mendapatkan bobot tubuh ideal, kamu harus membakar kalori lebih banyak oleh karena itu lebih baik lakukan beberapa peregangan 30 menit setelah makan. Selain itu, jika merasa lapar di tengah malam lebih baik pilih buah atau banyak minum air saja.

Heart burn dan Refluks asam

Dada yang terasa panas terbakar bisa menghantui kamu jika tidur setelah makan. Sistem pencernaan yang bekerja lebih keras akan memicu asam lambung lebih banyak. Alhasil asam lambung dapat naik hingga tenggorokan akhirnya terjadilah sensasi panas tersebut. Ini lah yang dinamakan Gastroesol Refluks Disease (GERD)

Risiko Stroke

Penelitian yang dilakukan di University of Loannina Medical School menyebutkan bahwa tidur setelah makan dapat menyebabkan stroke. Hal ini dikarenakan refluks asa yang mencapai tenggorokan dapat menyebabkan sleep apnea (napas berhenti tiba-tiba)

Selain itu, system pencernaan yang bekerja lebih keras dapat meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol yang memicu stroke.

(Visited 211 times, 1 visits today)