Bahaya! Tidak Hanya Pengaruhi Prilaku, Membentak Anak Juga Bahayakan Kesehatannya

137 views Leave a comment
Bahaya! Tidak Hanya Pengaruhi Prilaku, Membentak Anak Juga Bahayakan Kesehatannya

Dailymoslem – Dalam masa tumbuh kembang, anak kecil memang masih berusaha untuk beradaptasi dan mempelajari hal-hal baru di lingkungannya. Termasuk, mempelajari cara mengekspresikan apa yang sedang dirasakannya. Maka tak heran, banyak sekali prilaku anak yang cukup sulit untuk diterjemahkan orang dewasa.

Kebanyakan anak kecil menunjukan keinginannya dengan menangis. Hal itu bukan karena mereka manja atau melankolis, namun karena mereka belum mengerti bagaimana cara mengungkapkan keinginannya. Sayangnya, orang dewasa yang tidak cukup sabar seringkali merasa kesal dengan tangisan anak tersebut. Tak jarang ada saja orang dewasa yang tega membentak pada anak yang menangis.

Padahal, bentakan dan tatapan benci orang dewasa dapat terekam dalam otak anak sehingga teringat hingga dewasa. Lebih dari itu, bentakan dan perlakukan kasar tersebut dapat menimbulkan dampak yang cukup bahaya bagi anak. Beberapa dampak anak tersebut, adalah sebagai berikut :

Kurang Percaya Diri

Anak yang sering dapat bentakan dari orang tuanya dapat kehilangan kepercayaan dirinya. Mereka akan merasa selalu salah jika akan melakukan sesuatu. Padahal, kepercayaan diri dalam hal memutuskan sesuatu haruslah dimiliki oleh seorang anak. Sehingga saat dewasa, ia akan lebih mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan sekolah atau pekerjaannya kelak.

Daya Tahan Tubuh Lemah

Percaya atau tidak, anak yang sering dibentak akan memiliki tubuh yang cenderung lemah. Hal ini dikarenakan ia tidak percaya diri untuk melakukan apapun. Sehingga ia akan lebih memilih diam dan sedikit bergerak.

Trauma Hingga Hilang Kesadaran

Sebuah akun facebook bernama Izinkan Aku Meyayangimu memposting kisah mengenai anak yang tak sadarkan diri setelah dibentak dan diberi tatapan tak menyenangkan oleh ibunya sendiri. Sang anak yang tidak ingin mandi tetap di pakasa dan dibentak oleh ibunya. Tak lama, anak menjadi lunglai dan tubuhnya membiru. Namun setelah dibawa ke rumah sakit dan diberikan perwatan yang intensif, anak tersebut kembali normal.

Dari tiga poin di atas, dapat disimpulkan bahwa membentak dan memarahi anak sunggu berdampak buruk pada perkembangan anak. Membentak anak tidak hanya mengubah kepribadian anak hingga ia dewasa, namun juga membahayakan kesehatannya.

Baca juga:

7 Tips Mendidik Anak Secara Islami

Karakter Anak Dapat Dilihat Dari Tatapannya

Stop Lakukan Ini dengan Alasan Mendidik Anak

(Visited 471 times, 1 visits today)