Bahaya Meminjamkan Gunting Kuku Ke Orang Lain

106 views Leave a comment
Bahaya Meminjamkan Gunting Kuku Ke Orang Lain

Dailymoslem – Sharing gunting kuku atau saling meminjamkan gunting kuku mungkin lazim digunakan sebagian orang. Apalagi ketika sudah di luar rumah lalu baru sadar kalau kuku sudah panjang, maka pinjam gunting kuku ke teman yang sering bawa gunting kuku jadi jawabannya.

Namun, hal ini ternyata bisa membahayakan kuku Anda, karena bisa menyebabkan infeksi dan juga menularkan jamur kuku (Onikomikosis).

Seperti disampaikan Direktur Klinik Medivit, dr Margareta Indah Maharani, SpKK, jamur kaki disebabkan oleh jamur dermofit, jamur ragi (candida). Jamur ini yang tumbuh di kuku ini menular dan sulit disembuhkan.

Ciri-ciri penyakit jamur kuku ini adalah warna kuku menjadi putih kekuningan, kuku menebal, mudah patah, pecah dan juga retak.

“Menjaga kebersihan diri termasuk tidak meminjamkan gunting kuku ke orang lain. Begitupun saat kita berada di luar seperti di salon, bawa sendiri peralatannya karena kita tidak tahu, apakah peralatan orang lain steril atau tidak,” ujar dr. Margareta.

Bila peralatan kebersihan kuku di salon tidak dibersihkan dan dijaga dengan baik, maka spora jamur bisa menempel pada kikir dan pada akhirnya menempel di kuku. Dibersihkan begitu saja juga tidak mengangkat 100 persen jamur, apalagi bila berbagi gunting kuku.

Kuku memang elemen kecil dalam tubuh yang sering mendapat perhatian khusus. Namun, kuku menjadi bagian terpenting dalam tubuh dan harus dijaga kesehatannya. Apalagi, kuku bisa berpengaruh pada penampilan.

(Visited 314 times, 1 visits today)