Bahaya! Jangan Makan Kepala Ikan

601 views Leave a comment
Bahaya! Jangan Makan Kepala Ikan

Dailymoslem – Kamu suka makan kepala ikan? Sebaiknya mulai sekarang hal itu harus ditinggalkan. Meskipun ikan dinilai memiliki banyak protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, namun ternyata ada beberapa bagian ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena berpotensi membahayakan kesehatan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan menyebutkan bahwa racun biasanya terakumulasi pada bagian-bagian seperti jeroan ikan, sisik dan juga kepala ikan.  Salah satu yang sering ditemui adalah racun bernama Ciguatoksin yang berasal dari mikroorganisme yang tinggal dalam karang mati (dinoflagelata).

Semua jenis makhluk yang hidup di daerah karang mati seperti Potato grouper,Tiger grouper, High Fin Grouper, Hump Head Wrasse, Flowery Grouper dan Leopard Coral Grouper (jenis kerapu), berpotensi mengangdung racun tersebut. Nah oleh karena itu sebaiknya tidak mengkonsumsi produk perikanan terutama yang tinggal di karang dalam jumlah yang besar. Selain itu, hindari memakan jeroan dankepala ikan laut termasuk kepala udang.

Ikan yang berukuran besar (diatas 3 kilo) juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Jika membeli produk perikanan sebaiknya simpan didalam suhu rendah agar mencegah berkembangnya bakteri.

 

 

(Visited 528 times, 2 visits today)



RELATED ITEMS