Bagi Ibu Hamil Yang Galau Puasa Atau Tidak, Ini Jawabannya

658 views
gdahamil

Dailymoslem – Ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang paling terasa perjuangannya, karena untuk menjalani puasa kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum dari mulai terbitnya matahari hingga kembali tenggelam selama sebulan penuh. Meskipun begitu, umat muslim termasuk ibu hamil sangat menanti-nanti datangnya bulan puasa atau Ramadhan ini. Hal itu dikarenakan imbalan pahala yang berlipat ganda yang akan Allah berikan bagi siapa saja yang melakukan kebaikan didalamnya.

Mengingat puasa adalah salah satu ibadah yang cukup berat, Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang memberikah rukhsah (keringanan) untuk sebagian orang yang dianggap tidak mampu menjalankannya. Golongan yang diberikan keringanan adalah orang yang sudah tua, orang sakit, orang yang sedang ada diperjalanan serta ibu hamil dan menyusui. Mereka yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, diharuskan menggantinya dengan berpuasa dilain hari atau membayar fidhyah bagi yang benar-benar tidak bisa menggantinya dengan puasa.

Namun, bolehkan jika wanita hamil memaksakan untuk berpuasa? Wanita hamil boleh-boleh saja berpuasa dengan catatan bahwa kehamilannya memang sehat. Dalam artian bayi dalam kandungan serta ibu dalam keadaan yang sehat.

Dalam hal ini, ibu hamil yang ingin berpuasa sebaiknya mengantongin izin dokter agar tidak menganggu tumbuh kembang bayi. Begitupun dengan ibu menyusui, bila kondisi ibu dan bayi sehat serta air susu tidak terpengaruh oleh puasa maka diperbolehkan untuk berpuasa. Namun jika tidak, sebaiknya ibu menyusui tidak dianjurkan untuk berpuasa.

Lalu bagaimana jika dokter telah mengajurkan untuk tidak berpuasa lantaran kondisi kehamilan yang lemah atau kurang sehat namun sang ibu tetap memaksakannya? Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

…dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S Al-Baqarah: 195)

Melihat ayat diatas, bisa disimpulkan bahwa tidak baik memaksakan sesuatu yang akan membuat diri kita sakit. Jika memang dokter telah menganjurkan untuk tidak berpuasa dengan alasan kesehatan maka lakukanlah. Dokter pasti memiliki alasan medis yang kuat hingga mengajurkan untuk tidak berpuasa yang jika dilanggar mungkin akan menyebabkan efek buruk bagi kesehatan ibu hamil atau bayi yang dikandungnya.

(Visited 1,043 times, 1 visits today)