Bagaimana Cara Paling Baik Untuk Mengekspresikan Marah Dalam Islam

178 views Leave a comment
Bagaimana Cara Paling Baik Untuk Mengekspresikan Marah Dalam Islam

Dailymoslem – Marah, merupakan salah satu ekspresi yang sangat manusiawi. Saat sesuatu hal menjadi sangat mengganggu, emosi seseorang bisa aja meningkat bahkan meledak. Namun sebagai agama yang paling baik, Islam telah mengarahkan manusia untuk dapat mengkontrol emosinya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” (HR al-Bukhari)

Lalu, bagaimana cara terbaik dalam mengekspresikan marah? Apakah memang lebih baik diam dan tidak berbicara sepatah kata apapun agar tidak memperburuk keadaan?

Dalam hal ini, Nouman Ali Khan menjelaskan bagaimana cara paling baik untuk mengekspresikan emosi. Bukan dengan balik memarahi atau bahkan menghardik namun dengan sabar. Sabar sendiri bukan berarti diam dan tidak melakukan apapun.

Menurut Nouman, sabar dan memendam amarah berbeda. Jika memang terjadi sebuah kesalah pahaman, dan kita tahu bahwa itu tidak benar maka ungkapkan dengan kata-kata yang baik. Mengungkapkan hal seperti itu tidak berarti kita kehilangan rasa sabar, sepanjang kata-kata yang kita keluarkan terjaga dari sesuatu yang kasar.

Jadi, jika hanya berdiam dan tidak mengatakan sesuatu apapun mengenai kesalah pahaman tersebut maka itu bukan sabar. Nouman mengatakan bahwa manusia tidak bisa memendam amarahnya dan cara terbaik mengekspresikannya adalah dengan sabar.

Untuk lebih jelas, langsung saja sikam videonya berikut ini.

Baca juga:

Rezeki Akan Lancar Jika Hidup Sesuai Al-Quran

Cara Mendapatkan Keluarga Bahagia Menurut Islam

Tips Puasa untuk Ramadhan Pertama Kamu yang Mualaf

(Visited 132 times, 1 visits today)