Bagaimana Cara Menyikapi Doa Tak Kunjung Di Kabulkan

138 views Leave a comment
Bagaimana Cara Menyikapi Doa Tak Kunjung Di Kabulkan

Dailymoslem – Berdoa merupakan cara para hamba berbicara pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan berdoa, seorang hamba telah yakin bahwa hanya Allah yang dapat menolongnya. Namun begitu, kadang kita merasa bahwa doa-doa yang kita panjatkan seolah tak didengarkan. Allah pun berfirman,

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya untuk kalian.’ (QS Ghafir: 60).”

Contohnya saja si fulan yang sudah berdoa habis-habisan agar segera dipertemukan dengan jodohnya. Namun ternyata setelah lama meminta, ia tak kunjung juga dipertemukan. Padahal, selama ini ia telah melakukan hal-hal yang disukai Allah seperti:

  1. Ikhlas dan tidak berbuat syirik.
  2. Memulai dengan pujian dan salawat.
  3. Dengan sungguh-sungguh dan tidak lalai.
  4. Yakin akan dikabulkan oleh Allah.
  5. Memilih waktu dan tempat mustajab.
  6. Meninggalkan makanan, minuman dan pakaian haram.
  7. Meninggalkan maksiat dan bertaubat.
  8. Mengerjakan ketaatan dan bertawasul dengan nama-nama Allah, dan lain-lain.

Mengenai hal ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengatakan bahwa kita harus selalu bersabar dikarenakan Allah pasti mendengar dan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan.

Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan sebuah doa kecuali Allah akan mengabulkan apa yang dimintanya atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya, selama dia tidak berdoa yang mengandung dosa atau pemutusan silaturahmi.”

Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak terkandung di dalamnya dosa dan pemutusan silaturahmi, kecuali Allah akan memberikannya salah satu dari ketiga hal berikut: Allah akan mengabulkannya dengan segera, mengakhirkan untuknya di akhirat atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya.” (HR. Tirmidzi)

Nah, kedua hadits tersebut mengingatkan kita untuk terus bersabar dan yakin bahwa Allah mendengar doa-doa serta akan mengabulkannya. Kecuali doa-doa yang menimbulkan mudharat. Selain itu, Allah selalu memiliki waktu dan cara yang paling tepat untuk mengabulkan doa-doa hambanya. Entah itu dikabulkannya dengan segera, mengabulkannya diakhirat atau menggantinya dengan hal yang jauh lebih baik dan lebih kita butuhkan.

Semangat!

Baca juga:

5 Dosa yang Mengalahi Datangnya Jodoh

Satu Doa Yang Diajarkan Rasulullah Agar Tetap Dilindungi Dari Hilangnya Kenikmatan

Doa Mustajab Agar Dianugrahkan Keluarga yang Dapat Berkumpul Kembali di Syurga

2 Doa Agar Suami Dijauhkan Dari Perselingkuhan

(Visited 176 times, 1 visits today)