Badrodin Haiti Gantikan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri Baru

895 views

Dailymoslem – Setelah batalnya Budi Gunawan menjadi calon tunggal Kapolri baru, Jokowi akhirnya menggelar konferensi pers siang ini pukul 14.30 untuk mengumumkan nama Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri baru. Ia mengharapkan keputusannya kali ini dapat memberikan ketenangan di tengah masyarakat, setelah kisruh Budi Gunawan yang berakhir di meja pra-peradilan Senin (16/2) kemarin.

Komisaris Jenderal Badrodin Haiti akan menggantikan Kapolri sebelumnya yaitu Pol Oegroseno yang akan pensiun pada akhir Februari 2015 mendatang. Pejabat Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan ini memulai karirnya di kepolisian sejak tahun 1982. Badrodin mengalami beberapa kali mutasi di antaranya ke Depok, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Jawa Timur dan Probolinggo.

Badrodin dan Oegroseno juga sempat beberapa kali saling menggantikan posisi dalam jabatan-jabatan tertentu di kepolisian. Misalnya pada 2006 Badrodin menggantikan posisi Oegroseno sebagai Kapolda Sulawesi Tengah, pada 2009 Oegroseno menggantikan posisi Badrodin sebagai Kapolda Sumatera Utara, dan terakhir Badrodin menggantikan posisi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) yang ditinggalkan Oegroseno karena menggantikan posisi Nana Sukarna sebagai Kapolri yang mencapai masa pensiun.

Nama Badrodin juga pernah mencuat sebagai salah satu pejabat Polri yang memiliki rekening gendut pada 2010. Saat itu nama Badrodin masuk di dalam 17 nama petinggi Polri pemilik rekening gendut yang ditemukan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

Menurut Yunarto Wijaya, pengamat politik dari Charta Politika, nama baru yang diajukan Jokowi untuk posisi Kapolri ini harus benar bisa dipertanggungjawabkan.

“Nama baru tentu harus jauh lebih baik dari nama sebelumnya (Komisaris Jenderal Budi Gunawan),” ujarnya dilansir dari tempo.co.id, Rabu, 18 Februari 2015.

(Visited 199 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]