Apakah Boleh Wanita Lakukan Sahalat Jumat?

466 views
shalat

Dailymoslem – Shalat jumat yang kita ketahui adalah sebuah ibadah yang wajib bagi seluruh lelaki yang beragama muslim. Bahkan dikatakan bahwa saat seorang lelaki tidak menjalankan Shalat Jum’at sebanya tiga kali maka akan ditutup hatinya.

Saya, teringat dengan almarhum nenek yang saat saya masih kecil ia selalu pergi ke masjid untuk melaksanakan Shalat Jum’at. Namun, hal tersebut tiba-tiba berhenti dan tak pernah saya lihat lagi. Lalu bagaimana hukumnya Shalat Jumat bagi para wanita?

Dalil mengenai hukum Shalat Jum’at bagi wanita salah satunya adalah dari Thariq bin Ziyad Radhiyallahu Anha yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Jumatan adalah kewajiban bagi setiap muslim, untuk dilakukan secara berjamaah. Keculai 4 orang: Budak, wanita, anak (belum baligh) dan orang sakit.” (HR. Abu Daud)

Wanita tidak diwajibkan untuk Shalat Jum’at adalah untuk menghindarkan wanita dari tempat berkumpulnya para lelaki sehingga bisa memunculkan berbagai tindaka yang tak diinginkan. Misalnya, ikhtilat atau campur baur antara lelaki dengan wanita.

Meskipun begitu, jika wanita ingin melaksankan Shalat Jum’at untuk menjaga adab-adab Islami maka diperbolehkan. Asalkan dilakukan sama persis dengan Shalat Jum’at yang dilakukan oleh kaum lelaki. Artinya, wajib mendengarkan khutbah dengan seksama, tidak boleh mengobrol dengan temannya dan dia hanya Shalat 2 rakaat bersama imam (berjamaah).

Selain itu, Shalat Jum’at tersebut tidak boleh dilakukan antar-jamaah wanita saja. Sehingga, wanita yang melaksanakan ‘Jum’atan’ wajib mengikuti ibadah Shalat Jum’at yang dilakukan oleh para lelaki di kawasan dia berada. Ibnu Qudamah mengatakan:

Hanya saja Jum’atan itu sah dikerjakan wanita (bersama imam). Karena mereka Shalat jamaahnya sah. Dulu para wanita shalat berjamaah bersama Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam.” (Al-Mughni 2:243 dinukil dari konsultasisyariah)

Namun, lebih afdhal jika wanita hanya melakukan Shalat Dzuhur dirumah dan bukan melaksanakan Shalat Jum’at di masjid bersama para lelaki. Hal ini bisa dilihat dari sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam:

“Janganlah kalian menghalangi istri kalian untuk ke masjid. Dan rumah mereka itu lebih baik bagi mereka.” (HR. Abu Daud)

 

(Visited 266 times, 1 visits today)