Apa Makna Dibalik Hari Buruh?

689 views

Dailymoslem – Hari buruh yang sering dikenal sebagai mayday pertamakali dijadikan sebagai hari libur nasional Indonesia pada 2014 lalu. Hari buruh ini berawal dari unjuk rasa besar-besaran di Amerika Serikat yang menuntut 8 jam kerja dari sebelumnya hampir 20 jam kerja. Sebanyak 400 ribu buruh menggelar demonstrasi besar-besaran di daerah Haymarket, Amerika. Saat itu, ratusan orang tewas ditembaki polisi karena demonstrasi yang terjadi semakin ricuh. Pemimpin aksi pun akhirnya dihukum mati.

Mayday ini telah menjadi hari libur nasional diberbagai negara dikawasan Amerika, Afrika dan Eropa. Negara-negara yang ada di Asia pun seperti Bangladesh, kamboja, Hongkong, Irak, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapuran, Filipina, Sri Lanka, Jepang, Syria, Taiwan, Thailand, Korea Utara dan Vietnam pun ternyata telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional negaranya.

Apakah kamu pernah bertanya, mengapa hari buruh harus diliburkan? Mungkin kamu pernah berpikir bahwa semakin tidak produktif saja Indonesia ini. Hari buruh yang jelas-jelas bukan hari keagamaan saja diliburkan. Pada kenyataannya, saat hari buruh belum menjadi hari libur nasional Indonesia, para buruh sudah mulai turun ke jalan dan meneriakan keinginan mereka untuk menghapuskan outsourching atau menaikan upah.Jalanan jadi macet, dan sudah dapat dipastikan hari itu perusahan banyak yang tidak produktif. Jadi daripada tidak produktif, mending sekalian saja diliburkan.

Seharusnya, hadiah libur dari SBY menjelang akhir masa jabatannya ini dijadikan perenungan bagi para buruh itu sendiri. Apakah siap untuk menghadapi program Masayarakat Ekonomi ASEAN? Seharusnya dengan adanya hari buruh ini kita bisa terus meningkatkan kualitas untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain.

(Visited 403 times, 1 visits today)