Anjing Ini Dapat Mendeteksi Kanker Tiroid Dengan Tingkat Akuransi Hingga 88%!

733 views

Dailymoslem – Seekor anjing liar di Jerman telah dilatih untuk dapat mendeteksi kanker tiroid melalui penciumannya terhadap urin. Ia dilatih untuk jongkok jika mencium bau yang mengindikasikan kanker tiroid dan pergi meninggalkan urin tersebut jika memang tidak mencium bau yang mengingikasikan kanker tiroid.

Seperti dilansir metro.co.uk, dalam sebuah tes pada 34 pasien di University of Arkansas, anjing yang dinamai Frankie ini hanya melakukan empat kesalahan, yang menyatakan bahwa anjing ini mampi mendeteksi kanker tiroid melalui urin dengan tingkat akuransi hingga 88%.

Kanker tiroid masih termasuk penyakit yang langka dan bahkan masih sulit untuk didiagnosis hingga saat ini. Diagnosa untuk kanker tiroid biasanya mengharuskan adanya sample darah dan tes level hormon. Para peneliti berharap bisa memanfaatkan anjing untuk mendiagnosis kanker ini dan juga mendiagnosis penyakit lain karena anjing memiliki penciuman yang 10 kali lebih tajam dari penciuman manusia.

Selain itu, diagnosis dengan memanfaatkan anjing juga dapat menghemat biaya. Tim yang melakukan penelitian ini akan melanjutkan penelitian mereka dengan para peneliti di Auburn University’s Canine Performance Science untuk melatih anjing-anjing agar bisa mendeteksi berbagai penyakit.

ad_162543159

ad_162544658

(Visited 253 times, 1 visits today)