Anak Mendengkur Saat Tidur, Hati-Hati Mengalami OSAS

111 views Leave a comment
Anak Mendengkur Saat Tidur, Hati-Hati Mengalami OSAS

Dailymoslem – Mendengkur barangkali menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh mereka yang memiliki bobot berlebih saat tidur. Saluran napas yang tertekan oleh jaringan lemak, membuat aktifitas bernapas menjadi terhambat dan akhirnya menimbulkan getaran yang bersuara.

Namun ternyata mendengkur juga bisa dialami oleh bayi. Sayangnya, kebanyakan orang tua tidak khawatir saat bayi mengalami hal ini. Padahal bisa saja bayi mengalami OSAS (Obstructive Sleep Apnea Syndrome).

OSAS sendiri adalah gangguan pernapasan yang berdampak fisiologis dengan gejala klinis yang bervariasi. Gejala OSAS pada anak diantara lain adalah hiperaktif, kesulitan bernapas saat tidur, sangat mengantuk saat siang hari, dan beberapa kasus anak yang mengalami OSAS pun tidak dapat menahan kencing atau sering mengompol.

Menurut Dr Gunnhildur Gudnadottir, dari University of Gothenburg, OSAS harus sesegera mungkin dideteksi dan diobati karena menyangkut kualitas hidup anak dan juga masalah prilaku yang mungkin terjadi pada anak tersebut.

Kebanyakan kasusu OSAS diakibatkan oleh amandel yang membesar sehingga cara mengobatinya adalah oprasi pengangkatan amandel. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan OSAS adalah obesitas sehingga pola makan dan olahraga anak harus segera diperbaiki.

(Visited 128 times, 1 visits today)