Allah Telah Bersumpah Dengan 10 Hari Di Bulan Dzulhijjah, Maka Inilah Keutamaannya

169 views Leave a comment
keutamaan 10 hari bulan dzulhijjah

Dailymoslem – Selain bulan Ramadhan, ada satu bulan yang di sucikan oleh agama Islam yaitu bulan Dzulhijjah. Di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan oleh jutaan umat muslim yang diridhai Allah di Mekkah.

Ada waktu yang paling utama dalam bulan Dzulhijjah ini, yaitu pada sepuluh hari pertama. Hal ini telah diabadikan dalam Al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Demi fajar, dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil dan malam bila berlalu.” (Q.S Al-Fajr-14)

Merunut pada potongan ayat Al-Quran diatas, para ulama tafsir seperti Ibnu Abbas ra, Ibnu Zubair ra, Mujahid ra, As-Sudy ra, Al-Kalby ra menafsirkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah bersumpah dengan lima makhluk ciptaan-Nya. Bersumpah dengan waktu fajar, malam yang sepulu, yang ganjil dan genap dan malam ketika berlalu.

Para ulama tafsir tersebut mengartikan malam yang sepuluh adalah sepuluh hari pertama dalam bulan Dzulhijjah. Hal itu sesuai dengan keutamaan beribadah pada hari-hari tersebut yang telah disabdakan oleh Rasulullah,

“Dari Ibnu Abbas ra berkata, Rasulullah saw. bersabda, ”Tiada hari dimana amal shalih lebih dicintai Allah melebihi hari-hari ini –yaitu sepuluh hari pertama Dzulhijjjah.“ Sahabat bertanya, ”Ya Rasulallah saw, tidak juga jika dibandingkan dengan jihad di jalan Allah?“ Rasul saw. menjawab, ”Tidak juga dengan jihad, kecuali seorang yang berjihad dengan jiwa dan hartanya serta tidak kembali (gugur sebagai syahid).” (HR Bukhari)

Masya Allah, dengan kita beribadah pada hari-hari yang utama tersebut niscaya kebaikan akan selalu menyertai. Yuk sama-sama manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

(Visited 130 times, 1 visits today)