Alasan Mengapa Orang Yang Berkurban Dilarang Potong Kuku Dan Rambut

135 views Leave a comment
Alasan Mengapa Orang Yang Berkurban Dilarang Potong Kuku Dan Rambut

Dailymoslem – Salah satu larangan bagi mereka yang akan melakukan kurban adalah memotong rambut dan kuku yang dimulai dari awal bulan hingga saat kurban. Sebenarnya mengapa larangan tersebut ada?

Para jumhur ulama menyatakan bahwa hal tersebut adalah upaya menyamakan dengan mereka yang sedang menunaikan haji. Karena salah satu larangan bagi mereka yang sedang ihram adalah memotong kuku dan rambut. Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengenai larangan ini adalah,

“Apabila engkau telah memasuki sepuluh hari pertama (bulan dzulhijjah) sedangkan diantara kalian ingin berkurban maka jangalah dia menyentuh (memotong) sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya.” (HR. Muslim)

Sudah tidak dapat diragukan, bahwa sesuatu yang dicontohkan oleh Rasulullah pasti mengandung hikmah. Setiap tindakan yang diucap dan dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam layaknya dituntun oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga apapun yang dilakukan beliau pasti memiliki sebuah kebaikan.

Ada juga ulam ayang berpendapat bahwa larangan memotong rambut dan kuku tak lain agar tubuh masih utuh saat kurban dipotong, sehingga seluruh tubuh dapat selamat dari siksa api neraka. Wallahu a’lam.

 

Baca Juga:

Anjuran Memotong Kuku Pada Hari Jumat

Bolehkah Berkurban Dengan Uang Pinjaman?

Masya Allah, Inilah Keutamaan Berkurban

4 Amalan Paling Istimewa Dibulan Dzulhijjah

 

 

(Visited 185 times, 1 visits today)