Alasan Mengapa Dianjurkan Untuk Menikah Bulan Syawal

917 views
Tips Asik Kumpulkan Uang Untuk Pernikahan

Dailymoslem –  Ada pemandangan yang rupanya akan lebih banyak terlihat dibulan ini, yaitu janur kuning dan postingan foto acara pernikahan di media sosial. Ah, Syawal memang identik dengan pernikahan, bahkan Benyamin Sueb didalam sebuah lagunya memilih bulan Syawal sebagai waktu untuk menikah. Benyamin pasti tak asal ambil nama bulan, ia pasti melihat kebiasaan masyarakat yang lebih banyak menikah atau menikahkan anaknya di bulan Syawal ini.

Awalnya sebelum Islam datang, menikah dibulan Syawal merupakan sebuah bentuk kesialan. Sehingga mereka memelihara takhayul bahwa tidak boleh menikah dibulan Syawal dan sebagian orang menyakininya hingga hari ini.

Namun, anggapan itu dibantah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan menikahi istri-istrinya di bulan Syawal. Aisyah Radhiyallahu Anha  istri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menceritakan,

Rasulullah Shallallahu Alihi wa Sallam menikahiku di bulan Syawal dan membangun rumah tangga denganku pada bulan Syawal. Maka isteri-isteri Rasulullah Alaihi wa SAllam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata “Aisyah Radiyallahu Anha dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim)

Selain itu, menikah di bulan Syawal jauh lebih baik dibandingkan menikah sebelum bulan Ramadhan. Bahkan Rasululah Shallallah Alaihi wa Sallam pernah menyamoaikan kepada sahabat, bahwa menikah menjelang datangnya bulan suci adalah makruh karena beliau memprediksi umatnya akan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang berpuasa. Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan menikah di bulan Syawal saja.

Jadi, siapakah untuk menikah bulan ini?

 

(Visited 1,158 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS