Al-Quran Menjawab Fenomena Suara Terompet Israfil Yang Ramai Diperbincangkan

1512 views

Dailymoslem –  Fenomena aneh terjadi hampir diseluruh bagian bumi. Dilaporkan bahwa ada suara yang tak diketahui sumbernya terdengar di berbagai balahan dunia. Suara tersebut disinyalir sebagai tiupan terompet malaikat Israfil. Benarkah hal tersebut? Apakah benar kiamat semakin mendekat?

Kiamat memang telah dekat dan semakin mendekat. Tidak mungkin kiamat menjauh, karena waktu terus berlalu.

Dalam redaksi riwayat Muslim dari Sahal dikatakan bahwa saat Rasul bersabda, Beliau menunjuk jari telunjuk dan jari tengahnya, kemudian bersabda,

Jarak antara diutusnya aku dan kiamat seperti ini.” (Diriwayatkan oleh Bukhari)

Jadi sudah sangat jelas bahwa kiamat memang sangat dekat itu tak terbantahkan. Kiamat akan datang dengan tiba-tiba. Tidak ada satupun makhluk mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Hanya Allah yang memiliki pengetahuan seperti itu.

Melihat adanya fenomena yang menjadi viral di media sosial. Mungkin ada sebagian orang yang langsung mengasumsikan bahwa itu benar-benar suara sangkakala malaikat Israfil. Namun mari kita lihat dulu apa kata Al-quran tentang kejadian saat sangkakala di tiup.

Allah Azza wa Jalla berfirman,

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (hisab).” (Q.S Az-Zumar: 68)

Demikian pula yang tertulis dalam Surat Yasin ayat 51,

Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Rabb mereka.” (Q.S Yasin: 51)

Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Salam pun bersabda,

Kemudian ditiuplah sangkakala, tidak ada seorangpun yang mendengarnya kecuali akan mengarahkan pendengarannya dan menjulurkan lehernya (memerhatikannya). Lalu, tidak tersisa seorangpun kecuali dia mati. Kemudian Allah menurunkan hujan seperti gerimis. Kemudian tumbuhlah jasad-jasad manusia setelah disirami. Lalu ditiuplah sangkakala untuk kali berikutnya, tiba-tiba mereka bangkit dari kuburnya dalam keadaan menanti (hisab).” (HR. Ahmad 6712 dan Muslim 7568).

Dari beberapa firman Allah dan juga hadist Nabi Muhammad, bias kita lihat bagaimana kondisi saat sangkakala ditiup. Saat pertamakali ditiup, seluruh manusia akan mati kecuali yang dikehendaki-Nya dan kemudian tiupan kedua akan membangkitan manusia dari alam kubur.

(Baca Juga: Benarkan Suara Aneh Yang Terdengar Di Berbagai Negara Itu Adalah Tiupan Sangkakala?)

Memang ada pendapat yang menyebutkan bahwa Israfil meniup sangkakala sebanyak tiga kali. Yaitu, tiupan faza ( tiupan yang membuat seisi alam dunia terkejut), tiupan ash-Sha’q (tiupan mematikan dan membinasakan) dan tiupan al-Ba’ats  (tiupan kebangkitan). Namun, hadits tersebut bersifat dhaif  (lemah) sehingga tidak dijadikan dalil.

Pendapat yang terkuat menyebutkan bahwa Israfil meniup sangkakala sebanyak dua kali. Yaitu tiupan al-Faza’ (kaget) sekaligus tiupan ash-Sha’q (mati) dan tiupan al-Ba’ats. Tiupan tersebut juga terjadi di akhir zaman atau batas akhir kehidupan di dunia.

Jika memang suara misterius tersebut adalah terompet malaikat Israfil, maka seharusnya semua belahan dunia mendengarnya tanpa terkecuali. Namun, dalam fenomena ini suara tersebut hanya terdengar di beberapa Negara saja. Seperti, Australian, Jerman, Amerika, Kanada dan lain-lain. Sementara di Indonesia tidak satupun masyarakat yang melaporkan kejadian aneh tersebut.

Jadi, percayakah bahwa itu adalah suara sangkakala?

 

(Visited 1,327 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]