Akibat Crane Jatuh Pihak Kontraktor Bin Ladin Group dapat Sanksi Tegas Dari Arab Saudi

79 views Leave a comment
Akibat Crane Jatuh Pihak Kontraktor Bin Ladin Group dapat Sanksi Tegas Dari Arab Saudi

Dailymoslem – Kecelakaan tragis yang menimpa Masjidil Haram memang meninggalkan luka yang mendalam. Ratusan calon Jemaah haji yang seharusnya menjalani prosesi ibadah haji tahun ini, harus kehilangan nyawa akibat ambruknya crane yang digunakan untuk renovasi.

Diketahui 11 orang Warga Negara Indonesia meninggal akibat kejadian nahas tersebut. sedangkan total Jemaah Haji yang meninggal adalah 111 dan ratusan lainnya luka-luka. Mulai dari cacat permanen hingga luka berat.

Karena kontraktor yang menangani proyek perluasan Masjidil Haram, Bin Ladin Group akan dikenai sanksi tegas dari kerajaan Arab Saudi. Perusahaan yang tak lain di didirikan oleh pemimpin Al-Qaidah Usamah bin Laden harus melalui tahap investigasi. Selama proses investigasi berjalan, petinggi dari Bin Ladin Group dilarang berperian ke luar negeri.

Tak hanya itu, perusahaan Bin Ladin Group pun dilarang mengerjakan proyek infrastruktur apapun selama jangka waktu tertentu serta dituntut ganti rugi pada keluarga jamaah yang meninggal dan luka-luka.

Korban tewas diketahui akan diberi santunan minimal 1 Juta Riyal (setara Rp 3,8 M), cacat permanen 1 Juta Riyal (Rp 3,8 M) dan korban cedera 500ribu Riyal (Rp 1,9 M).

Renovasi besar-besaran yang dilakukan Masjidil Haram ini juga melibatkan BUMN Indonesia, PT Waskita Karya. Sedangkan tujuan renovasi sendiri adalah agar komplek Ka’bah dapat menampung 2,2 Juta jamah di puncak musim haji.

 

Baca Juga:

CCTV Masjidil Haram Rekam Detik-Detik Crane Timpa Jemaah Haji

Pemerintah Santuni Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Crane Di Mekkah Sebesar Rp 37 juta

Video Detik-Detik Terjatuhnya Crane Di Masjidil Haram Dan Kericuhan Setelahnya

Crane Jatuh Di Masjidil Haram, Puluhan Jemaah Meninggal Seketika

 

 

(Visited 64 times, 1 visits today)