Akibat Berpindah Menggunakan Pertalite

523 views
pertalite

Dailymoslem – Pertamina sudah resmi meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) baru hari ini. Produk bernama Pertalite itu diharapkan mampu mengurangi pemakaian premium di masyarakat Indonesia. Dijual dengan harga Rp 8.400 pertalite mulai uji pasar serentak di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Periode uji coba kta lihat hasil dari beberapa minggu ini. Kita harap kita tidak terlalu lama melakukan uji coba supaya kita nanti bisa melengkapi SPBU-SPBU Pertamina lain dengan Pertalite dalam jangka waktu lama.” Ujiar Vice President Coorporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro seperti dilansir dari kompas, Jumat (24/7).

Perbedaan pertalite dengan jenis BBM lain seperti premium dan pertamax adalah dari nilai oktan. Bilangan oktan atau research octane number (RON) adalah angka yang menunjukkan kekuatan tekanan atau kompresi BBM terhadap mesin. Semakin tinggi kadar oktan maka kinerja mesin akan semakin lebih baik. Pertalite memiliki RON sebesar 90, dimana nilai tersebut menengahi nilai Premium yang memiliki RON 88 dan Pertamax 95.

Budi Nur Mukmin, General manager Marketing & Produk Planning Nissan Motors mengatakan bahwa jika kendaraan yang biasanya menggunakan BBM dengan Nilai oktan 92 (Pertamax) beralih menggunakan petralite, dimungkinkan kinerja mesin akan menurun.

“Yang paling terasa ketika pengguna Pertamax berganti ke BBM yang lebih rendah oktannya adalah mesin jadi tak bertenaga,” kata Budi. Penurunan tenaga ini akibat pembakaran yang kurang sempurna. Seperti dikutip dari tempo.

(Visited 476 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS