Ajaibnya Jabal Magnet, Mobil Tanpa Pengemudi Dapat Melaju Sendiri

171 views Leave a comment
jabal magnet

Dailymoslem – Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat menyambangi Arab Saudi adalah Jabal Magnet. Sesuai dengan namanya yang berarti bukit magnet, tempat tersebut memiliki daya tarik magnet yang dapat membuat kendaraan melaju dengan sendirinya. Bahkan dalam keadaan menanjak sekalipun.

Daya dorong dan daya Tarik magnet di berbagai bukit disebelah kiri dank an kanan dapat membuat mobil yang melaju dengan kecepatan 120 Km/jam akan berangsur turun hingga 5 Km/jam. Jarum penunjuk kompas pun tak akan bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, data telepon pun bisa hilang di area tersebut.

Hal tersebut bukan karena sulap atau sihir. Ada penjelasan ilmiah untuk menjabarkan fenomena yang terjadi disana. Kota Madinah dan sekitarnya berdiri di atas Arabian Shield tua yang sudah berumur 700-an juta tahun. Kawasan itu berupa endapan lava “alkali basaltik” (theolitic basalt) seluas 180.000 km persegi yang berusia muda (muncul 10 juta tahun silam dengan puncak intensitas 2 juta tahun silam). Lava yang bersifat basa itu muncul ke permukaan bumi dari kedalaman 40-an kilo meter melalui zona rekahan sepanjang 600 kilo meter yang dikenal sebagai “Makkah-Madinah-Nufud volcanic line”

Wah, harus dikunjungi ya setelah melaksanakan ibadah haji nanti.

 

Baca Juga :

Desember Mendatang, Perempuan Arab Punya Hak Pilih dalam Pemilu

Fantastis, Kiswah Ka’bah Tahun Ini Dilapisi 120 KG Emas

Agar Jamaah Haji Tak Tertular Virus MERS Beberapa Hal Ini Sebaiknya Diperhatikan

(Visited 178 times, 1 visits today)