Air Zam-Zam Semakin Eksklusif, Hanya yang Punya Passport yang Boleh Membeli

853 views

Dailymoslem – Air zam-zam memiliki tempat yang istimewa di hati umat muslim. Selain karena kesuciannya, air zam-zam juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Karena itulah, banyak produsen air zam-zam illegal atau palsu yang marak di Arab Saudi.

Seperti dilansir Arab News, baru-baru ini polisi telah menggrebek sebuah pabrik di Mekkah yang menjual air zam-zam yang dicampur dengan air kran.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah menerapkan aturan baru perihal air zam-zam dengan menyediakan air zam-zam bersegel resmi dari Perusahaan Air Nasional yang dapat dibeli jama’ah di bandara. Hanya saja, jama’ah harus menunjukkan passport untuk mendapatkan air zam-zam.

(Baca juga: Jama’ah Sering Selfie Saat Umrah dan Haji, Haruskah Peraturan Tentang Smartphone Diterapkan di Masjidil Haram?)

Sebotol air zam-zam dijual seharga sembilan riyal atau Rp. 31.000 dan setiap satu passport hanya berlaku untuk sebotol air zam-zam.

Namun, peraturan ini ternyata menyulitkan bagi jamaah yang berasal dari dalam negeri. Misalnya Hasan Ahmed yang mengaku tidak bisa membeli air zam-zam karena tidak punya passport.

“Saya pergi untuk membeli Zamzam di bandara, tapi saya kecewa karena harus menunjukkan paspor. Saya bukan traveler, saya tidak memiliki paspor,” ujar Ahmed.

 (Baca juga: Ini dia, Bocoran Foto Desain Masjidil Haram di 2020 Mendatang)

(Visited 403 times, 1 visits today)