Agar Tak Tertipu Travel Umroh Dan Haji Bodong, Ketahui Beberapa Tips Ini

119 views Leave a comment
Agar Tak Tertipu Travel Umroh Dan Haji Bodong, Ketahui Beberapa Tips Ini

Dailymoslem – Kasus travel umroh yang menyeret artis Peggy Melati Sukma dan anak pedangdut Rhoma Irama, mengajarkan kita untuk harus lebih berhati-hati dalam menentukan pihak pendamping ibadah ke rumah Allah tersebut. Kejadian ini tentu membukakan mata kita bahwa meskipun pihak penyelenggara ibadah umroh mendompleng nama-nama artis atau orang terkemuka lainnya sebagai pendamping, tidak menutup kemungkinan terjadinya tindakan penipuan.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menentukan pihak penyelenggara ibadah umroh. Berikut penjelasannya.

Periksa Izin Resmi Pihak Penyelenggara Ibadah Umroh 

Ibadah Umroh tidak memiliki waktu khusus, oleh karena itu banyak Muslim yang memilih melaksanakan Umroh berkali-kali sembari menunggu gilirannya untuk Ibdah Haji. Karena ini juga lah, travel-travel umroh bermunculan. Segala macam bentuk promosi pun dilakukan termasuk mendompleng nama artis sebagai pihak pendamping.

Meski begitu, sebagai Muslim yang cerdas sebaiknya periksa izin resmi pihak travel umroh tersebut. Caranya bisa dengan menanyakan langsung ke departemen agama yang berada masing-masing daerah atau dengan memeriksanya langsung ditautan ini

Apabila travel umroh belum terdaftar, sebaiknya jangan dipilih meskipun memberikan promo yang jauh menarik. Pilih travel umroh yang benar-benar terpercaya dan ada didalam daftar tersebut. Rekomendasi saudara atau teman yang pernah memakain sebuah travel umroh pun bisa dijadikan patokan.

Memiliki Jadwal Keberangkatan Yang Pasti

Pihak travel Umroh yang benar pasti memiliki jadwal keberangkatan yang dapat dipastikan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan. Dengan adanya quota visa tersebut, pihak travel umroh berani membooking tiket pesawat, yang artinya mereka pasti sudah mengetahui dengan pasti kapan tanggal dan jam keberangkatan, masakapai yang digunakan serta bandara asal juga tujuannya.

Jika pihak travel umroh tidak dapat memastikan tanggal keberangkatan atau hanya memberikan kemungkinan bulannya saja, sebaiknya pilih pihak lain yang lebih pasti.

Biaya Umroh Tergolong Wajar

Banyak sekali pihak travel yang memberikan promosi, seperti potongan harga dan lain sebagainya. Bisa juga pihak travel mematok harga tinggi karena fasilitas yang diberikan tergolong istimewa. Nah, sebaiknya kita memastikan bahwa harga yang dipatok adalah wajar.

Misalnya, dengan harga yang mahal itu apakah benar fasilitas hotel dan transportasinya lebih berkualitas. Kita bisa mengeceknya dengan searching di internet. Bandingkan juga dengan harga yang ditawarkan oleh pihak travel umroh lainnya.

Pastikan Visa Umrohnya

Hal ini menjadi penting untuk dipastikan. Tanyakan secara mendetail mengenai Visa yang didapatkan dari pemerintah Arab Saudi. Jika pihak travel umroh terlihat mencurigakan, pilih travel lain yang lebih terpercaya.

Niatkan Ibadah Hanya Untuk Allah

Niat yang tidak baik akan memunculkan hal-hal yang tidak baik pula. Jangan sampai niat ibadah umroh hanya untuk mengambil foto atau juga menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan finansial yang cukup mumpuni. Niatkan dengan segenap hati bahwa ibadah umroh hanya dijalankan untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tidak akan berlangsung tanpa seizin-Nya.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, insya Allah ibadah umroh akan lancar dan juga di ridhai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Siap Umroh? Ini Tips Perlengkapan Dan cara Packing Yang Tepat

5 Keuntungan Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Di Usia Muda

Tips Pilih Pakaian Untuk Umrah Dan Haji

 

(Visited 105 times, 1 visits today)