Agar Tak Salah Obat Ini Cara Bedakan Batuk Pilek Karena Salesma, Flu Dan Alergi

105 views Leave a comment
Agar Tak Salah Obat Ini Cara Bedakan Batuk Pilek Karena Salesma, Flu Dan Alergi

DailymoslemBatuk, pilek dan hidung meler seringkali dirasakan pada musim-musim hujan seperti sekarang ini. Sistem imun yang kurang baik ditambah dengan kondisi cuaca yang juga tidak mendukung menyebabkan seseorang mudah sekali terserang penyakit ini.

Saat merasakan gejala tersebut, kebanyakan dari kita menyebutnya sebagai flu. Namun ternyata penyakit dengan indikasi seperti itu dibedakan menjadi tiga yaitu salesma, flu dan alergi.

Ketiga penyakit tersebut memang mempengaruhi sistem pernapasan sehingga kita merasa sangat terganggu saat bernapas. Meski memiliki indikasi yang hampir sama, tetap saja kita harus bisa membedakan ketiganya. Hal ini dilakukan untuk menghindari gejala yang semakin parah karena salah menentukan obat. Berikut ini perbedaan dari salesma, flu dan alergi.

Salesma

Salesma sendiri disebabkan oleh virus yang tergolong rhinovirus. Meskipun memiliki gejala yang sama seperti batu, pilek dan hidung tersumbat tetapi salesma biasanya lebih ringan daripada flu. Biasanya salesma dapat sembuh dengan sendirinya setelah 3-4 hari menyerang tubuh.

Flu

Seperti yang dikatakan diatas, flu dikatakan lebih berat dibandingkan dengan salesma. Selain itu, flu juga biasanya disertai dengan gejala lain seperti suhu badan yang meningkat, nyeri kepala, fatigue dan nyeri di sekujur tubuh. Namun sama halnya dengan salesma, flu juga bisa reda dengan sendirinya, yaitu sekitar 3-4 hari tergantung kemampuan tubuh kita melawan virus flu.

Alergi

Berbeda dengan salesma dan flu, alergi tidak disebabkan karena infeksi virus melainkan reaksi tubuh yang berlebihan terhadap alergen (zat yang menyebabkan alergi). Saat tubuh bereaksi seperti ini, biasanya jaringan sepanjang saluran napas bida membengkak dan hidung akan terasa tersumbat dan meler. Selain itu gejala lainnya dari alergi adalah menimbulkan gatal dan mata yang berair.

Perbedaan yang lainnya adalah, alergi dapat dirasakan sampai berbulan-bulan tergantung pada paparan zat alergennya.

Dengan mengetahui perbedaan dari salesma, flu dan alergi ini diharapkan kita dapat dengan mudah menentukan obat yang harus dikonsumsi. Namun meskipun salesma dan flu dapat sembuh dengan sendirinya, segeralah kunjungi dokter apabila gejala berlangsung hingga 10 hari agar mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Baca juga:

Flu Ketika Hamil? Ini Cara Aman Mengobatinya

Cegah Flu Dengan 4 Cara Ini

Atasi Flu Pada Anak Tanpa Obat

4 Cara Cek Kesehatan Dalam Waktu 60 Detik

(Visited 133 times, 1 visits today)