Agar Jamaah Haji Tak Tertular Virus MERS Beberapa Hal Ini Sebaiknya Diperhatikan

221 views Leave a comment
Agar Jamaah Haji Tak Tertular Virus Mers, Beberapa Hal Ini Sebaiknya Diperhatikan

Dailymoslem – Ibadah Haji segera dimulai, sebagian Jemaah calon haji sudah diberangkatkan sejak Jumat (21/8) lalu. Tahun ini sekitar 168 ribu Jemaah haji asal Indonesia akan melaksanakan rukun Islam yang kelima itu.

Namun begitu, para Jemaah calon haji tersebut diwanti-wanti agar tak terkontaminasi penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) selama melaksanakan ibadah haji. Seperti yang kita ketahui bahwa MERS pertama kali dilaporkan terjadi di Arab Saudi tahun 2012, kemudian ditemukan di Amerika Serikat dan ketiga terjadi di Korea Selatan.

MERS ini meskipun terbilang ganas dan mematikan, namun masih bisa dicegah dengan sejumlah tindakan. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh Jemaah saat melaksanakan ibadah haji.

  1. Cuci tangan menggunakan sabun (CPTS). Selalu mencuci tangan menggunakan sabun adalah kebiasaan baik yang dapat menghilangkan kuman ataupun virus yang menempel di tangan. Kebiasaan ini juga sudah teruji secara ilmiah dapat mencegah penularan penyakit.
  2. Sebisa mungkin tidak terlalu sering memegang hidung dan mulut. Tindakan ini disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit MERS-CoV. Sebaiknya sediakan hand sanitizer, agar tangan selalu terlindungi dari kotoran.
  3. Gunakan Masker. Apalagi jika berada di kerumunan orang banyak.
  4. Sebaiknya tidak memegang benda-benda yang banyak dipegang orang atau pengunjung rumah sakit.
  5. Tidak dianjurkan untuk mencoba meminum susu unta mentah.
  6. Jika ada keluhan batuk atau gangguan pernafasan lainnya segera konsultasi pada tim medis.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, insya Allah kita bisa terhindar dari penyakit MERS tersebut. namun begitu yang paling penting adalah memasrahkan segalanya kepada Allah dan senantiasa berdoa agar diberikan kesehatan dan kelancaran dalam kehidupan yang hanya sesaat ini.

(Visited 368 times, 1 visits today)