Agar Dehidrasi Dan Heat Stroke Tak Ganggu Ibadah Haji, Sebaiknya Jemaah Memperhatikan Hal Ini

308 views Leave a comment
Cara menghindari dehidrasi dan heat stroke saat ibadah haji

Dailymoslem – Menunaikan ibadah Haji memang menjadi salah satu tujuan seluruh umat muslim. Dengan melakukan serangkaian ibadah haji, maka seorang muslim sudah melaksanakan rukun Islam yang berjumlah lima itu.

Untuk melakukan ibadah yang satu itu, seorang muslim bukan hanya memerlukan banyak dana untuk keberangkatan namun juga membutuhkan kekuatan fisik yang baik. Seperti yang kita ketahui bahwa suhu udara di tanah suci berbeda dengan suhu di Indonesia.

Diketahui suhu udara disana pada siang hari bisa mencapai 420C dan malah hari sekitar 320C. Pada September mendatang, ramalan cuaca menunjukan bahwa suhu rata-rata terpanas dapat mencapai 400C.

Di cuaca yang sangat terik tersebut, banyak Jemaah yang mengalami dehidrasi akut seperti pak Sukino yang linglung hingga tersesat disana. Selain dehidrasi, heat stroke juga membayang-bayangi Jemaah haji. Bahkan heat stroke adalah penyebab utama orang mengalami kematian saat terpapar suhu panas terus menerus.

Mereka yang berusia lanjut memiliki risiko terlalu tinggi mengalaminya. Penyakit ini merupakan kegagalan tubuh untuk melakukan pendinginan baik melalui keringat atau penguapan kulit. Biasanya heat stroke menyebabkan suhu tubuh naik hingga 400C dan disertai kehilangan kesadaran. Untuk menghindarinya, maka jamaah seharusnya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Perbanyak konsumsi air putih 3 -4 liter setiap harinya
  2. Hindari konsumsi kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
  3. Sebaiknya tidak menunda waktu makan dan tetap perhatikan kualitas makanan
  4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air
  5. Hindari katifitas diluar kegiatan ibadah, apalagi aktifitas outdoor yang menyebabkan tubuh terpapar panas dalam waktu yang lama
  6. Sebaiknya gunakan topi, payung dan juga sunblock saat berada di luar ruangan
  7. Perhatikan urin, jika urin berwarna lebih gelap maka tingkatkan jumlah air yang diminum
  8. Istirahat yang cukup
  9. Segera konsultasikan kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan agar mendapatkan tindakan yang tepat.

 

 

(Visited 1,292 times, 1 visits today)