9 Penyebab Kaki dan Tangan Terasa Dingin Meski Udara Tak Begitu Dingin

4292 views Leave a comment
9 Penyebab Kaki dan Tangan Terasa Dingin Meski Udara Tak Begitu Dingin

Dailymoslem – Pernahkah anda merasa kaki dan tangan anda terasa dingin, padahal suhu udara atau suhu ruangan pada saat itu tidak begitu dingin? Hal yang pertama dilakukan mungkin mencari kain atau bantal yang dapat menghangatkan tangan dan kaki.

Kaki dan tangan dingin ternyata bisa menjadi indikasi untuk penyakit dan gangguan kesehatan tertentu. Dikutip dari Prevention, 9 hal ini merupakan penyebabnya.

Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud merupakan kondisi ketika sejumlah area tubuh seperti jari tangan atau kaki, ujung hidung dan telinga terasa kebas dan dingin ketika kita merasa emosional atau stress. Menurut rheumatologis dari Santa Moniva, Orrin Trom, MD, sindrom ini bisa diatasi dengan berpakaian hangat atau memakai sarung tangan di lingkungan dingin, termasuk pada saat mengambil makanan dari kulkas jika reaksinya sudah cukup buruk.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus juga bsia menyebabkan pengerasan dan jaringan parut pada kulit dan jaringan ikat.

Hypothyroidism

Hypothyroidism atau gangguan tiroid juga bisa menjadi penyebab tangan dan kaki menjadi dingin. Menuru ahli rheumatologi dari The Ohio State University Wexner Medecal Center, Ali Ajam, MD, tiroid yang tidak aktif dapat menyebabkan fungsi tubuh melambat dan menimbulkan berbagai gejala seperti sembelit, kelelahan dan juga tangan yang kedinginan.

Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Ketika jantung tidak bisa mendapatkan cukup darah ke seluruh tubuh, maka Anda bida merasakan dingin, mati rasa, atau kesemutan di tangan dan kaki.

Anemia

Menurut Nesochi Okekek-Igbokwe, MD, MS, spesialis penyakit dalam di NYU Langine Medical Center di New York City, ketika seseorang mengalami anemia maka tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darah, sehingga dapae mmicu turunnya suplai oksigen ke seluruh tubuh, dan pada akhirnya menyebabkan tangan dan kaki menjadi dingin.

Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan menurunnya produksi sel darah merah sehingga bisa menyebabkan tangan dingin. Vitamin B12 bisa didapatkan dari daging, unggas, telur, susu dan produk susu lainnya.

Tekanan Darah Rendah

“Hipotensi, atau tekanan darah rendah dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk dehidrasi, kehilangan darah, obat-obatan tertentu, dan gangguan endokrin,” kata Okeke-Igbokwe.

Stress dan Cemas

Pembuluh darah akan mengerut dan menyebabkan jari menjadi dingin ketika Anda mengalami stress kronis atau kecemasan.

Pengaruh Obat

Ada banyak obat yang dapat menyempitkan pembuluh darah, termasuk beta-blocker yang diresepkan untuk mengatur tekanan darah), beberapa obat kanker, obat migrain, dan OTC dekongestan. Obat-obatan ini juga dapat menyebabkan tangan dingin, untuk itu selalu tanyakan efek samping obat pada dokter Anda.

(Visited 2,040 times, 61 visits today)