9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Setelah Dimasak

184 views Leave a comment
9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Setelah Dimasak

Dailymoslem – Sudah menjadi kebiasaan untuk memanaskan kembali makanan sisa yang hendak dimakan lagi. Agar lebih nikmat disantap, maka menghangatkan makanan dengan wajan maupun microwave menjadi pilihan.

Namun, memanaskan lagi makanan yang sudah dimasak ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan. Seperti dilansir dari boldsky.com, 9 makan yang sering kita panaskan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan jika dipanaskan.

Jamur

Kandungan protein dan gizi dalam jamur dapat berubah menjadi racun jika jamur yang sudah dimasak kembali dipanaskan. Dalam beberapa kasus, jamur yang dipanaskan kembali bisa memengaruhi kerja jantung.

Kentang

Sebetulnya, cara sehat memakan kentang adalah direbus bersama kulitnya. Namun, kentang rebus ini akan berubah menjadi racun jika dipanaskan lagi menggunakan microwave.

Ayam

Makanan ini paling sering dipanaskan, apalagi jika sudah dimasak dan masih bersisa. Tentu sayang untuk membuangnya ke tempat sampah. Namun, memanaskan ayam bisa mengubah komposisi protein yang terkandung di dalamnya menjadi racun yang memengaruhi kesehatan pencernaan.

Telur

Telur yang mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium dan gizi lainnya membuat makanan ini tetap sehat meski dimasak dengan cara apapun. Namun, telus yang dipanaskan dalam suhu tinggi bisa menjadi hilang nutrisinya, sedangkan kuning telur bisa berubah menjadid racun.

Seledri

Makanan yang berbumbu seledri juga tidak baik dipanaskan, karena daun yang mengandung nitrat ini akan menjadi nitrit yang berbahaya bagi tubuh jika dipanaskan.

Lobak

Sayuran sehat ini bisa disarankan untuk dikonsumsi setidaknya sekali dalam seminggu. Namun, lobak bisa memunculkan zat asam yang mengganggu kesehatan perut jika dipanaskan.

Nasi

Nasi sebaiknya dikonsumsi langsung setelah dimasak, biasanya nasi juga terasa lebih enak saat baru matang. Nasi yang dihangatkan kembali akan menyebabkan pertumbuhan spora yang dapat menghasilkan bakteri dan kuman yang membuat mual dan sakit.

Buah Bit

Buah bit mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, magnesium, kalsium dan nitrat. Namun, buah bit yang dipanaskan dapat mengaktifkan produksi sel kanker dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Bahan makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, namun cara pengolahan yang terlalu matang justru akan merusak kandungan gizinya. Begitu juga dengan memanaskan kembali sayuran hijau yang sudah dimasak, dapat mengubah kandungan vitamin K dan nitrat di dalamnya menjadi racun yang memengaruhi sistem saraf.

(Visited 381 times, 1 visits today)