7 Tips Mendidik Anak Secara Islami

141 views Leave a comment
7 Tips Mendidik Anak Secara Islami

Dailymoslem – Ada kalanya, kita sebagai orang tua melakukan kekeliruan yang malah berbuntut panjang dan mempengaruhi pribadi anak di masa depan. Contohnya, berlaku keras saat mengjari sebuah pelajaran atau membanding-bandingkannya dengan anak lain atau menekan anak agar berprilaku lebih baik lagi.

Sebenarnya, menanamkan prilaku baik pada anak tidak mesti dengan cara yang keras. Seperti istilah yang mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, anak juga tidak akan jauh dari prilaku ibu dan bapaknya.

Anak kecil, masih membutuhkan waktu beradaptasi untuk mengenal mana yang baik dan yang tidak. Mereka cenderung mengikuti prilaku ibu dan bapaknya. Sehingga, jika orang tuanya sendiri sering berteriak, memaki dan berbicara kasar maka anak juga kemungkinan besar akan berprilaku seperti itu.

Nah, berikut ini 7 tips mendidik anak dengan cara cerdas, disiplin namun tidak menggunakan kekerasan.

Tunjuk sesuatu yang berada diatas saat anak menangis

Seseorang saat menangis akan otomatis merunduk, maka dari itu tunjuklah sesuatu yang ada diatas seperti awan, burung, lampu atau hal lain yang akan menarik perhatian anak. Ketika kita sudah dapat mengalihkan perhatiannya, maka anak akan segera terdiam dari tangisnya.

Jangan hentikan anak bermain sekaligus

Kebanyakan orang tua selalu menyuruh anak untuk berhenti bermain sekaligus. Mereka ingin anak langsung berhenti dan melakukan apa yang diinginkan orang tuanya. Sayangnya, hal itu malah membuat anak enggan berhenti dan malah menangis.

Sebaiknya, beri peringatan secara berkala. Misalnya mengatakan “Lima menit lagi mainnya udahan ya nak” kemudian ingatkan kembali setelah dua menit berlalu. Dengan cara ini, anak akan memuaskan diri untuk bermain dan tahu kapan harus berhenti.

Jangan berteriak untuk membuat anak diam

Anak-anak memang senang bermain dan selalu ribut jika sudah berkumpul dengan sebayanya. Hal ini kadang membuat kita merasa terganggu, sekaligus khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan seperti anak terluka atau ada yang bertengkar.

Nah, jika ingin membuat anak-anak diam, memari bukan sebuah solusi yang baik. Hal itu malah akan membuat anak semakin ribut. Oleh karena itu, ajaklah mereka mendengarkan sebuah cerita. Bawa ketempat yang lebih tenang dan mulai lah menceritakan sebuah hal yang seru. Pasti mereka akan senang dan mau menuruti yang kita mau.

Saat menjelang tidur ingatkan bahwa besok kita harus shalat subuh

Yuk cepet tidur, biar besok ga terlambat ke sekolah” Seringkali kita memperingatkan anak untuk tidur cepat dengan cara seperti itu. Padahal lebih baik, ingatkan anak jika besok pagi harus shalat subuh sehingga sampai dewasa, ia akan tetap bangun lebih pagi untuk menunaikan kewajibannya kepada Allah.

Fokus saat menghabiskan waktu bersama si kecil

Seringkali kita lebih menghabiskan waktu untuk mengurus pekerjaan. Termasuk saat memiliki waktu bersama anak. Sebaiknya prioritaskan anak, jika memang waktunya bersama anak.

Ingatlah, bahwa anak pun memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang yang penuh dari orang tuanya.

Nikmati masa kecil anak-anak mu

Anak tidak akan selamanya menjadi balita. Maka dari itu, nikmati masa-masa tumbuh kembangnya. Jangan menyesal, jika anak tiba-tiba sudah menjadi remaja yang cuek dan suka membantah pada orang tuanya.

Oleh karena itu, mulai lah menikmati tertawa dan bermain bersama mereka. Ajari dengan cara yang menyenangkan sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang cinta orang tuanya.

Selalu berdoa kepada Allah agar dikaruniai anak shaleh

Setelah berikhtiar, jangan lupakan untuk berdoa kepada Allah agar anak-anak dijadikan seorang shaleh atau shalehah dan menjadi perhiasan di dunia dan dapat berkumpul kembali di akhirat.

Baca juga:

Mendidik Anak Lelaki Sholeh Dibalas Di Dunia, Mendidik Anak Perempuan Sholehah Dibalas Di Akhirat

9 Cara Mendidik Anak Agar Bisa Menjadi Seorang Hafidz Qur’an

Cara Rasulullah Mendidik Anak Berdasarkan Rentang Usia

(Visited 476 times, 2 visits today)